TeeFLii Dan 2 Chainz Terjerat Kasus Plagiasi Untuk Lagu '24 Hours'

 |  Selasa, 09 April 2019 20:01
TeeFLii Dan 2 Chainz Terjerat Kasus Plagiasi Untuk Lagu '24 Hours'
TeeFLii dalam video musik '24 Hours' © Sony Music

Kapanlagi.com - Artis hip-hop TeeFLii dan rekan duetnya dalam single 24 Hours, 2 Chainz digugat atas dugaan kasus plagiasi. Tuduhan tersebut dilayangkan lantaran mereka diduga mengambil bagian dari lagu milik Robin S. yang berjudul Back It Up. Gugatan tersebut dilayangkan oleh Allan George, Sten Hallstrom dan Frederick McFarle selaku komposer lagu, serta pihak penerbit lagu Back It Up, EMI Blackwood.

Gugatan hak cipta tersebut telah diajukan ke pengadilan distrik federal di New York pada pekan lalu. dalam gugatan tersebut, mereka menyatakan bahwa TeeFLii dan 2 Chainz bersama dengan DJ Mustard dan DJ Ketchup dengan sengaja meniru lagu tersebut meski melakukan modifikasi kecil. Tak hanya itu mereka juga membawa Sony Record sebagai terdakwa dalam gugatan tersebut.

TeeFLii © VibeTeeFLii © Vibe

Lagu Back It Up sendiri merupakan lagu yang dinyanyikan oleh Robin S. Lagu ini dirilis pada tahun 1993. Dalam surat gugatannya pihak penggugat menyatakan pihak tergugat memiliki akses yang melampaui batas terhadap karya mereka.

"Akses terdakwa terhadap karya penggugat melampaui batas, karena Robin S. adalah penyanyi dan penulis lagu asal Amerika yang terkenal," tulis pihak penggugat dalam surat gugatannya.

Sedangkan, lagu 24 Hours sendiri merupakan lagu yang dirilis pada tahun 2014. Lagu ini dinyanyikan oleh TeeFLii yang berkolaborasi dengan 2 Chainz.

Lagu ini menuai kesuksesan yang cukup besar. 24 Hours telah disaksikan setidaknya lebih dari 25 juta kali oleh pengguna YouTube dan lebih dari 27 juta kali di Spotify. Lagu ini juga pernah menduduki peringkat 85 di tangga lagu Billboard Hot 100.

(bil/TIN)