Synchronize Fest 2023 Umumkan 12 Penampil, Ada Grup Vokal Raffi Ahmad Hingga Iwan Fals X Sawung Jabo

Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Diperbarui: Diterbitkan:

Synchronize Fest 2023 Umumkan 12 Penampil, Ada Grup Vokal Raffi Ahmad Hingga Iwan Fals X Sawung Jabo
Synchronize Fest 2023 Umumkan 12 Penampil (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Sebanyak 12 penampil sudah dipastikan turut memeriahkan gelaran musik tahunan Synchronize Fest 2023. Diketahui, Synchronize Fest akan digelar pada 1-3 September 2023 mendatang di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Yang spesial, 12 penampil itu merupakan nama-nama yang sudah lama malang-melintang di industri musik Indonesia. Bahkan, ada beberapa nama yang menjadi legenda musik Indonesia dari dekade 60-an, 70-an, hingga 90-an.

Tentu saja, penampilan mereka menjadi paling yang ditunggu-tinggu di Synchronize Fest 2023. Mereka akan memberikan penampilan spesial dalam festival musik yang sudah digelar setiap tahun tersebut.

Seperti press rilis yang diterima Kapanlagi.com, berikut 12 penampil yang akan hadir dalam Synchronize Fest 2023.

1. Bimbo bersama Yanti Bersaudara

Pada panggung spesial Synchronize Fest 2023, Bimbo akan tampil bersama dengan grup bersaudara legendaris asal Bandung lainnya, Yanti Bersaudara. Nama mereka belakangan kembali mencuri perhatian setelah lagu-lagunya dirilis kembali dalam bentuk piringan hitam melalui label rekaman asal Jakarta, Lamunai Records.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. God Bless

Band rock legendaris Indonesia, God bless, siap merayakan usia 50 tahun berkarier di panggung Synchronize Fest 2023. God bless rencananya akan tampil melibatkan musisi-musisi aktif hari ini, seperti Kelompok Penerbang Roket, Isyana Sarasvati, Scaller, Iksan Skuter, Soegi Bornean, Barasuara, hingga Ardhito Pramono.

Kolaborasi ini membuat panggung God Bless di Synchronize Fest 2023 bukan saja menjadi perayaan usia lima dekade band tersebut, tetapi sekaligus perayaan regenerasi musik tanah air.

3. Iwan Fals X Sawung Jabo

Dua musisi sekaligus seniman legendaris Indonesia, Iwan Fals dan Sawung Jabo, menjadi salah satu kolaborasi yang wajib disaksikan di Synchronize Fest 2023. Kiprah bermusik keduanya begitu besar saat bersama-sama memperkuat grup superior SWAMI dan Kantata Takwa.

Pada 1990, Kantata Takwa sempat mengadakan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dengan tafsiran penonton yang hadir hingga 150.000 orang. Sejarah penting musik Indonesia itu pun tercatat, Fals dan Jabo adalah salah dua pihak yang menggoreskan tintanya.

4. Konser Petualangan Sherina

 

Pada 2022, projek Petualangan Sherina 2 resmi diumumkan dan dijadwalkan tayang pada September nanti. Synchronize Fest 2023, bekerja sama dengan Miles Films dan Jakarta Movin, akan menyambut sekuel tersebut dengan menghadirkan Konser Petualangan Sherina di salah satu panggungnya.

Lagu-lagu kenamaan dalam film tersebut, seperti “Bintang-bintang”, “Jagoan”, hingga “Kertarajasa” akan ditampilkan bersama musisi-musisi tamu, yaitu Isyana Sarasvati, Yura Yunita, juga Reza Chandika.

5. Matajiwa X Matajiwo

Apa jadinya bila gaung rock Matajiwa mendampingi pertunjukkan wayang yang didalangi oleh budayawan Sujiwo Tejo? Kolaborasi lintas medium seni yang patut disaksikan. Mereka sempat tampil bersama dan menjadi bahan perbincangan di 2015.

Ketika itu, Matajiwa x Matajiwo mempersembahkan sebuah lakon wayang kulit berjudul Karno Tanding. Matajiwa melatari lakon tersebut dengan repertoar mereka, salah satunya adalah “Semesta”. Synchronize Fest 2023 siap menghadirkan kembali kolaborasi spesial Matajiwa x Matajiwo.

6. Melly Goeslaw Songbook (feat. BBB, Irwansyah & Anda Perdana)

Melly Goeslaw akan bernostalgia di panggung Synchronize Fest 2023 bersama para kolaboratornya seperti Anda Perdana, Irwansyah, dan BBB (Bukan Bintang Biasa, vokal grup yang beranggotakan Raffi Ahmad, Dimas Beck, Ayushita, Chelsea Olivia, dan Laudya Cynthia Bella).

Mereka akan membawakan lagu-lagu Melly Goeslaw mulai dari yang bersama grup Potret seperti “Salah”, “Bagaikan Langit”, hingga dari proyek solonya yang menghasilkan lagu-lagu kolaborasi penuh memori seperti “Jika”, “Butterfly”, dan “Ada Apa dengan Cinta”.

7. Mesin Waktu 2.0: Teman-teman Menyanyikan Lagu NAIF

Lebih kurang 16 tahun lalu, label rekaman Aksara Records pernah merilis album kompilasi monumental bertajuk Mesin Waktu: Teman-teman Menyanyikan lagu NAIF. Sesuai dengan judulnya, album tersebut memuat karya NAIF yang digubah ulang oleh nama-nama seperti White Shoes & The Couple Company, The Brandals, Goodnight Electric, Cherry Bombshell, The Monophones, The Adams, hingga Sore.

Di Synchronize Fest 2023, lagu-lagu NAIF akan dinyanyikan oleh Bilal Indrajaya, Chroma Strings, Endah N Rhesa, GAC, Kunto Aji, Nesia Ardi, Perunggu, Priscilla Jamail, Sentimental Moods, Sisitipsi, dan The Adams.

8. Republik Cinta Management

Republik Cinta Management (RCM) adalah perusahaan manajemen musik yang didirikan oleh penulis lagu andal, Ahmad Dhani. Ia menaungi banyak musisi seperti Mulan Jameela, T.R.I.A.D, Mahadewi, The Virgin, Virzha, hingga Marcello Tahitoe. Tiga nama pertama yang disebutkan dipastikan akan meramaikan panggung spesial Synchronize Fest 2023.

Siap-siap untuk berdendang bersama saat mereka membawakan hits semacam “Makhluk Tuhan Paling Seksi”, “Wonder Woman”, “Selir Hati”, “Kamu-kamulah Surga”, “Sumpah I Love You”, sampai “Ayang Ayang Ku.”

9. Fariz RM

Aksi panggung spesial musisi legendaris Fariz RM di Synchronize Fest 2023 akan menampilkan karya-karya yang ia rilis mulai dari 1979 hingga 1989. Fariz merilis total 11 album penuh dalam satu dekade tersebut, memuat nomor-nomor kenamaan seperti “Mega Bhuana”, “Semusim”, “Di Antara Kata”, “Kurnia dan Pesona”, “Jerat”, “Nada Kasih”, “Barcelona”, dan “Sungguh”.

Tembang-tembang Fariz pun kembali bergaung di keriaan anak muda dalam beberapa tahun belakang. Synchronize Fest 2023 bakal mewadahinya dalam suasana festival, bernostalgia bersama, pula menghadirkan beberapa sejawat Fariz seperti Candra Darusman juga Neno Warisman untuk meramaikan.

10. Soneta Group x Dipha Barus

Soneta Group siap mengiringi sang raja dangdut, Rhoma Irama, sekaligus berkolaborasi dengan produser/DJ andalan Tanah Air, Dipha Barus. Ini bukan kali pertama mereka bertukar suara di atas panggung.

Pada Synchronize Fest versi daring di 2020, Bang Haji Rhoma sempat tampil bersama Dipha untuk memadukan dangdut dengan musik elektronik, menggelorakan “Darah Muda” menjadi lebih eksentrik. Synchronize Fest 2023 akan kembali mempertemukan mereka dan akan ada lebih banyak lagi lagu yang dileburkan.

11. Hellhouse

Hellhouse akan mempersembahkan penampilan spesial bertajuk 'Symphony from Hell' di panggung Synchronize Fest 2023. Symphony from Hell pertama

kali mereka tampilkan di FLAVS Festival 2021, meleburkan musik orkestra dengan rentetetan ritmis ala hip-hop.

Kini, Hellhouse bakal melibatkan musisi-musisi tamu yang patut diperhitungkan aksinya, seperti Al-Smith, Basboi, GNTZ, Jahanam, Mario Zwinkle, PB feat Eugine, Ramengvrl, Sade Susanto, Tuan Tigabelas, juga Uncle-T.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending