'SOULNATION' Buktikan Kejayaan Soul di Indonesia

Noviana Indah TW  |  Minggu, 19 Oktober 2008 09:11


  • 'SOULNATION' Buktikan Kejayaan Soul di Indonesia
    Akon dalam Soulnation
Kapanlagi.com - Penampilan Tony!Toni!Tone yang satu jam kemudian disusul dengan penampilan Akon, penyanyi Amerika keturunan Senegal, rasanya menjadi pemecah kebuntuan akan keraguan banyak pihak tentang penyelenggaraan konser musik soul yang sepi penonton.

Konser musik soul, R&B, dan Hip hop bertajuk Soulnation yang dipromotori Java Festival Productions bekerja sama dengan Axis akhirnya digelar pada 17 dan 18 Oktober 2008 di Istora Senayan Jakarta.

Antusiasme dan jumlah penonton yang lumayan banyak pada hari pertama pertunjukan Jumat (17/10) malam kemarin membuktikan pada akhirnya bahwa festival musik soul memang sudah layak ada di Indonesia. Menyusul langkah dari musik jazz dan rock yang telah terlebih dahulu mengadakan event sejenis di tanah air.

Beberapa selebriti macam Ayu Shita, Mirasih Tyas Endah, Nia Ramadhani, Nicholas Saputra, dan Bertrand Antolin, juga terlihat hilir mudik menonton pertunjukan dari satu pertunjukan ke pertunjukan lainnya.

Karena banyaknya musisi yang tampil (tercatat ada 12 pertunjukan pada hari pertama) dan padatnya jam pertunjukan, panitia akhirnya membagi 3 area panggung. Dua panggung berada di sisi kiri dan kanan pelataran Istora sementara 1 panggung utama berada di dalam gedung Istora Senayan.

RAN, grup yang digawangi 3 cowok imut Indonesia, menutup konser Soulnation malam itu dengan menghipnotis penonton lewat aksi panggung mereka yang menggamit Dewi Sandra dan Soul ID untuk menyanyikan tembang-tembang manis mereka.

Satu lagu dari Iwa K yang dibawakan RAN melarutkan penonton yang beranjak pulang dengan mengatakan bahwa Malam ini indah.    (kpl/bbm/npy)

Lihat Arsip Musik

- - -