Soal Lagu 'Timber', Pitbull dan Kesha Dituntut 36 Miliar

Trian Sulaiman  |  Kamis, 26 Juni 2014 08:50
Soal Lagu 'Timber', Pitbull dan Kesha Dituntut 36 Miliar
Pitbull ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Kabar kurang sedap menghampiri Kesha dan Pitbull. Baru-baru ini, lagu Timber sedang digugat oleh Lee Oskar karena dianggap menjiplak melodi harmonika dari lagu yang diciptakannya tahun 1978 berjudul San Francisco Bay.

Diberitakan Independent, penulis lagu Lee Oskar, Keri Oskar dan Greg Errico meminta Pitbull dan Kesha membayar uang tuntutan senilai USD 3 juta atau Rp 36 miliar. Pasalnya, intro lagu yang sempat memuncaki Billboard itu dituduh menggunakan riff melodi San Fransico Bay.

Di lagu Timber sendiri, melodi harmonika itu dimainkan oleh Paul Harrington. Lee menilai Paul telah diarahkan untuk meniru intro lagu Timber agar tekstur dan sound-nya jadi mirip. Baik di lagu Timber ataupun San Fransisco Bay, melodi harmonika keduanya memang sekilas tidak jaug berbeda.

Timber Timber

Bahkan Christopher Hooton, jurnalis Independent, melihat kalau Pitbull dan labelnya tidak bisa mengelak dari tuduhan plagiat ini. Menurutnya, bukti yang diajukan memang sangat mirip.

Lee, Keri dan Greg menyebut label Sony Music seharusnya memegang izin dari lagu mereka, namun mereka menegaskan kalau sampai saat ini label tersebut belum mengantongi izin. Sampai akhirnya mereka mengajukan tuntutan bernilai miliaran rupiah ini.

Timber sudah sangat sukses di pasaran. Sejak dirilis pada Oktober tahun lalu, lagu tersebut sudah menghasilkan keuntungan senilai USD 4 juta atau Rp 48 miliar.

Sudah baca?

6 Pesepakbola Piala Dunia Brasil 2014, Siapa Musisi Idola Mereka?

6 Pesepakbola Dunia Yang Jadi Penyanyi

7 Momen Musisi Jatuh di Panggung, Kasihan Atau Konyol?

6 Gitaris Ini Paling Jago Bikin Fans Cewek Histeris

5 Fakta AMI Awards 2014, Semrawut Atau Mengejutkan?

 

 

  (kpl/trn)


Lihat Arsip Musik

- - -