Setelah Vakum Selama 2 Tahun, Java Jazz Festival 2022 Kembali Digelar - Hadirkan Line Up Spektakuler!

Sabtu, 23 April 2022 09:53


Java Jazz Festival kembali digelar secara offline! / Credit Foto: KapanLagi.com - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Event musik jazz terbesar, Java Jazz Festival sudah 2 tahun lamanya absen karena pandemi. Namun kini ada kabar baik buat para pecinta musik jazz, karena BNI Java Jazz Festival akan kembali digelar secara offline, tepatnya pada 27 hingga 29 Mei 2022 mendatang di JiExpo Kemayoran.

Line up fase pertama juga sudah diumumkan, seperti pemenang Grammy untuk album R&B terbaik, PJ Morton hingga musisi jazz muda Tanah Air, Adikara Fardy. Hal ini menunjukkan bahwa Jakarta International BNI Java Jazz Festival konsisten dengan misinya sebagai tempat untuk memperkenalkan talenta jenis musiknya ke seluruh dunia.

Dewi Gontha selaku direktur utama Java Festival Production tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya karena bisa kembali menggelar Java Jazz Festival secara offline. Dengan sedikit emosional, ia menceritakan bagaimana akhirnya Java Jazz Festival 2022 bisa kembali digelar.

 "Jujur dari kami Java Festival Production untuk bisa duduk di sini kayak sesuatu yang punya kenangan sendiri. Untuk pertama kali persiapan tahun ini agak berbeda. Terus terang karena dukungan instansi yang bertambah," ungkap Dewi penuh haru.

1. Line Up Gabungan Musisi Mancanegara dan Tanah Air

Bersamaan dengan itu, Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2022 juga telah mengumumkan lineup fase kedua dengan nama-nama musisi mancanegara dan Tanah Air yang sudah melakukan konfirmasinya untuk bergabung dalam festival.

 Musisi tersebut di antaranya adalah Adoria, Adhitia Sofyan, Andmesh Kamaleng, ARTI (Arsy Widianto & Tiara Andini), Aryo Adhianto, Bass G ft. Matthew Sayersz, Bilal Indrajaya, Candra Darusman Feat: Dira, Natasya Elvira, Rivan Kalbuadi, Sandy Sondhoro, D'MASIV, Dewa Budjana, Dirty Loops Dreikids, Endah N Rhesa, dan Fiersa Besari.

Ada pula Gilad Hekselman, G-Pluck, Humania, IDGITAF, Jakob Ogawa, Juicy Lucy, Kenny Gabriel "The Playground Live Session", Keyon Harrold, Lalahuta, Lomba Sihir,Mantra Vutura, Marcell, MLDJAZZPROJECT In collaboration with Kaleb J, Basboi, Budi Doremi, MLDSPOT COLLABORATION with Nonaria, Dua Empat, Vira Talisa, Ivy Alisa, Nadin Amizah, Romantic Echoes, SUSU, Tohpati, The Good People, dan The Soulful.

Para musisi tersebut akan bergabung dengan PJ Morton, Adikara Fardy, Afgan, Alex Porat, Danilla, Emma-Jean Thackray. Gabe Bondoc, Gangga, Hablot Brown, Jarrod Lawson hingga JAZ.

2. Lebih Banyak Lagi Line Up yang Bakal Tampil

Selain itu, lineup BNI Java Jazz Festival 2022 adalah Kahitna, grup papan atas Tanah Air yang eksis di dunia musik selama lebih dari 30 tahun; Mikha Angelo yang akan melakukan debut perdananya di panggung festival sebagai solois; Oslo Ibrahim penyanyi bertalenta yang salah satu lagunya sukses menduduki tangga lagu di Jepang; RAN yang akan kembali ke panggung BNI Java Jazz Festival setelah absen selama 6 tahun.

Masih ada gitaris yang penuh karisma Rendy Pandugo; Rizky Febian, penyanyi yang meraih lebih dari 10 penghargaan; Samm Henshaw musisi dengan lirik-liriknya yang banyak menceritakan dan mendokumentasikan kisah hidupnya.

"Apresiasi yang tinggi kami ucapkan kepada pelaksana. Terkhusus Mbak Dewi Gonta. BNI java jazz ini akan mengawali konser musik di Indonesia untuk mengobati event musik nasional dan internasional. Java Jazz akan kembali dijalankan sesuai dengan pelaksanakan event di Indoensia. Jj nanti kami harapkan dapat berjalan dengan baik. Pada saat persiapan pelaksanan ini, Mbak Dewi langsung turun sendiri menangani perizinan. Sehingga event ini menjadi contoh bagi pelaksaan event nasional yang lainnya. Kita harapkan dengan banyaknya pengunjung, event ini menjadi satu titik kebangkitan ekonomi dan ini jadi suatu bentuk kebangkitan kita semua," ungkap Desi ruhati, Kemenparekraf.

(kpl/gtr)