Sempat Merasa Hopeless, Rizky Febian Akhirnya Rilis Album Solo Perdana

Minggu, 25 November 2018 12:15  | 

Rizky Febian



Rizky Febian luncurkan album perdana / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Meski memulai karir di dunia tarik suara sejak tahun 2012, nama Rizky Febian mulai meledak di tahun 2015 kala Ia merilis single Kesempurnaan Cinta yang jadi hits di berbagai platform musik. Setelahnya, putra sulung dari Sule ini pun kebanjiran job manggung di berbagai kota.

Dan di penghujung tahun 2018 ini, Rizky akhirnya merilis album solo perdananya yang diberi judul JEJAK. Sebelumnya, Ia sempat merilis 2 album kompilasi bersama beberapa penyanyi sekaligus, yakni THIS IS MUSIC (2014) dan RIZKY AND FRIENDS (2016).

"Alhamdulillah di tanggal 23 November ini saya rilis album pertama dalam hidup dan karier saya. Pencapaian yang saya tunggu-tunggu dari perjalanan karier saya, memang ini yang saya tunggu-tunggu. Ibaratnya ini ijazah lah buat para musisi. Ada hampir 4 tahun akhirnya terealisasi album pertama," ujar Rizky ketika ditemui di Graha Mitra Studio di kawasan Gatut Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (24/11).

1. Proses Panjang

Pembuatan album JEJAK diceritakan tidak mudah. Alasannya, Rizky harus membagi waktunya untuk perform dengan menulis lagu. Bahkan, Ia sampai sempat merasa hopeless untuk menyelesaikan albumnya tersebut.

"Prosesnya panjang banget dan Alhamdulillah schedule juga padet. Manajemen mengharuskan untuk mengumpulkan materi dalam beberapa bulan untuk persiapan album. Sempet hopeless juga gimana materi album belum kekumpul semua. Deg-degan lah kirain nggak bakal direalisasikan sama manajemen. Tapi ketika mereka bilang, 'Ki, album di bulan ini bisa kita kejar atau nggak?' Dari situ Alhamdulillah saya semangat banget. Akhirnya workshop sana-sini, nggak tidur, pulang acara langsung ketemu sama sodara ngomongin musik, ada aja yang dibahas. Tadinya hari itu yang niatnya cuma bikin satu lagu, mungkin udah jalan Allah, hari itu juga langsung kebikin 5 lagu, cuma dari beberapa hari. Yang lain juga kaget kenapa bisa gini, memang udah jalannya," sambungnya.

2. Sempat Bikin Album Bahasa Sunda

Uniknya, Rizky sempat ingin membuat album perdananya ini dalam format Bahasa Sunda, pun begitu dengan judulnya. Namun setelah dipikir matang-matang, Ia memutuskan untuk memilih Bahasa yang lebih universal; Indonesia.

"Albumnya judulnya JEJAK. Kenapa? Karena awalnya album itu saya pengen Bahasa Sunda, namanya Lampah yang artinya ya jejak. (Nggak jadi) Karena saya mempertimbangkan yang mendengarkan lagu saya universal, bukan hanya dari orang Sunda aja. Saya pengen semua orang bisa menikmati dan tau makna dari album tersebut," tutur pria berusia 20 tahun ini.

3. Arti Album JEJAK

JEJAK berisi 9 lagu yang bertema tentang cinta. Namun Rizky menjelaskan jika makna lagunya akan berbeda satu sama lain. Tak cuma lagu galau, lagu ini juga bakal berisi lagu yang ngebeat dan bahagia.
"Kenapa JEJAK? ini tuh memperlihatkan perjalanan Iki yang akhirnya bisa ngedapetin album. Bisa memperlihatkan karya-karya yang baru. Itu juga kenapa konsep 9 lagu semua baru. Jadi bersama Net Talent Management membentuk jati diri Iki. JEJAK juga mau memperlihatkan kalo perjalanan cinta itu ada. Nanti ada lagu tentang PDKT, rindu sama mantan, ada soal menanyakan keseriusan cinta, tentang reuni. Ini tuh memperlihatkan awal mulai jatuh cinta itu gimana dan sedih karena cinta itu gimana," papar Rizky lebih jauh.

"Sekali lagi yang saya garis besari, ini tuh bukan untuk menceritakan latar belakang saya, 50% mungkin iya, saya juga tetep observasi ke luar sana. Album kan didengerin sepanjang masa ya, kalo nanti saya udah nggak ada mungkin masih bisa didengerin sama orang yang tau saya. Jadi saya pengen maknanya universal dan ketika orang denger 'kok gue banget', kaya gitu lah," pungkasnya.
(kpl/apt/gtr)