Rilis Ulang Album 'SOMETHING ABOUT THE GIRL', DIRA Kenalkan Sebuah Bonus Track Bertema Kemanusiaan

Kamis, 30 September 2021 13:09  | 

Dira Sugandi



DIRA / Credit Foto: 12 Wired

Kapanlagi.com - Dira Sugandi atau yang kini dikenal denan nama panggung DIRA mencoba mengajak para pecinta musik untuk mengenali dirinya lebih dalam lewat rilisan album bertajuk SOMETHING ABOUT THE GIRL Deluxe Edition. Penyanyi yang juga berprofesi sebagai aktris itu menceritakan jatuh bangun awal karirnya pada album yang resmi dirilis pada 21 September 2021 lalu itu.

Titik awal terciptanya album SOMETHING ABOUT THE GIRL dimulai pada tahun 2007 silam. Kala itu, DIRA diminta untuk datang ke London oleh produser musik bernama Bluey guna menggarap album bareng. Namun ternyata proses penggarapan seluruh lagunya tidak bisa terjadi dengan cepat.

Ya, butuh waktu sekitar 3 tahun bagi DIRA untuk bisa menyelesaikan seluruh isi album SOMETHING ABOUT THE GIRL. Bukan tanpa alasan, baik DIRA maupun Bluey mempunyai kesibukan masing-masing, belum lagi kendala jarak yang juga mebuat proses rekaman jadi kerap terhambat.

"Dalam perjalanan karirku selama ini kan aku jadi lebih dikenal sebagai penyanyi big songs atau lagu-lagu festival gitu ya. Nggak masalah, tapi aku tetap merasakan adanya kebutuhan untuk memperlihatkan sisi yang lain dari diriku, khususnya saat ini dan ke depan nanti. Nah salah satu sisi itu adalah yang sudah terekam dengan sangat baik di album Something About The Girl ini. So, why don’t I just start from there," ungkap DIRA dalam press rilis yang diterima KapanLagi.com.

Dari situ, terciptalah album SOMETHING ABOUT THE GIRL versi original yang dirilis pada tahun 2010 silam. Lalu apa bedanya album terbaru ini dengan pendahulunya?

1. Bonus Sebuah Lagu Baru

Usut punya usut, DIRA menambahkan sebuah bonus track bertajuk Carry Me di album re-release kali ini. Liriknya bercerita tentang kegelisahan DIRA melihat kondisi kemanusiaan yang terjadi di banyak negara pada saat itu. Dan tema itulah yang jadi alasan kenapa lagu Carry Me tidak dimasukkan pada album versi originalnya.

"Kayaknya kamu nggak usah ngomongin soal topik ini dulu deh sekarang. Kamu kan masih muda, ngomong yang senang-senang aja dulu!," ungkap DIRA mengingat ungkapan Bluey.

Saat itu memang tak ada satu pun yang menyangka bahwa lirik ini menjadi sangat relevan sekitar sebelas tahun kemudian. Terutama memasuki masa pandemi seperti sekarang.

2. Melibatkan Musisi Top Tanah Air

Ide judul SOMETHING ABOUT THE GIRL sendiri didapatkan saat DIRA sedang melakukan sesi pemotretan untuk keperluan promo. Kala itu, wanita bergelar sarjana musik jurusan vocal performance dari Universitas Pelita Harapan itu mendengar sang fotografer berkata, 'There’s something mysterious about this girl’.

Salah satu agenda utama yang disepakati DIRA dan Bluey untuk album ini adalah melibatkan musisi-musisi Tanah Air. Alhasil dari diskusi bersama, muncullah sederet nama seperti Tohpati, Indro Hardjodikoro, Barry Likumahuwa serta Ari Firman (The Groove). Sementara Rieka Roeslan ikut menyumbangkan satu lagunya berjudul Kucemburu.

"Untuk satu lagu berlirik bahasa Indonesia yang lain, aku memilih Kami Cinta Indonesia, lagunya almarhum Harry Roesli. Menurutku sayang sekali kalau karya-karya beliau itu nggak dikenal sama anak-anak muda," ungkap DIRA.

(kpl/gtr)