Rilis MV Desember Jangan Menangis, Monohero Visualisasikan Musik Psikedelik dalam Bentuk Animasi

Jum'at, 16 April 2021 12:30


(c) Monohero


Kapanlagi.com - Trio musisi asal Malang Monohero, melepas music video pada Jumat lalu (9/4) untuk single Desember Jangan Menangis. Single ini adalah track kesembilan dari album terakhir mereka yang berjudul AWAKE. Pengerjaan music video ini disutradarai oleh Jovian Fraaije yang telah beberapa kali terlibat dalam penggarapan video klip beberapa musisi seperti SORE, TuanTigaBelas, hingga Slank.

Menariknya, sutradara Jovian Fraaije mengaku jika dirinya menyukai single ini dan tertarik buat menggarap MV-nya.

“Secara personal, Desember Jangan Menangis adalah lagu favoritku dari album AWAKE. AWAKE adalah album yang terkonsep. Setiap lagu berurutan membentuk sebuah kisah perjalanan. Nah lagu ini kayak puncak emosionalnya… Fase seorang manusia akhirnya tunduk menerima takdir, setelah terus menerus lari menghindarinya.”

 

1. MV-nya Dilepas di Bulan April, ‘Desember Jangan Menangis’ Ceritakan Fase Kepasrahan Manusia

Nggak mengherankan jika dalam music video dari Desember Jangan Menangis diilustrasikan seseorang yang diperankan oleh vokalis Monohero, yaitu Omen Arie sedang berlari seolah menghindari sesuatu. Hal ini emang sesuai dengan makna dari lagu yang sebenarnya telah dirilis sebagai single tunggal pada 2019 lalu tersebut.

Potongan lirik seperti “Langit memberi harapan bagi makhluk yang memahaminya” atau “Tunduk, tunduk ia pada nafsu” seolah menegaskan jika lagu ini adalah bagian dari perjalanan kehidupan manusia dengan segala lika-likunya.

2. Visualisasikan Musik Psikedelik Dalam Bentuk Animasi

Sebagai grup musik, Monohero memang terkenal memiliki all in one performance mulai dari musik, visual dan stage act. Nggak heran jika dalam setiap karya barunya, mereka menampilkan sesuatu yang out of the box.

Seperti dalam music video Desember Jangan Menangis, sentuhan animasi yang ditampilkan seolah menghidupkan lagu dengan unsur psikedelik dan berlirik dalam ini. Untuk membuat animasi yang memukau, Monohero dan sutradara Jovian Fraaije turut melibatkan Benigno Adib sebagai sutradara animasi, Dimasngehe di kursi Director Of Photography (DOP) sekaligus editor, Aswoood (animator), dan Bayu Rizky (Aerial).

3. Sempat Bikin Launching di Bioskop

Satu hari jelang perilisan music video Desember Jangan Menangis, Monohero mengadakan launching pada 8 April lalu. Alih-alih mengadakan acara launching di café atau tempat lainnya, Omen Arie dkk memilih bioskop sebagai tempat launching mereka.

(kpl/jef)