Rilis Lagu 'Markisa', Cinta Laura Tonjolkan Instrumen Musik Tradisional

Senin, 06 September 2021 18:45  | 

Cinta Laura



Cinta Laura © Sony Music Entertainment Indonesia

Kapanlagi.com - Cinta Laura baru saja merilis single terbarunya berjudul Markisa yang terinspirasi dari buah khas Indonesia. Penggunaan kata Markisa yang cukup unik di lagu ini ternyata memiliki cerita tersendiri bagi artis berdarah Jerman ini.

"Saat menulis lagu ini aku mencari kata yang bisa menggambarkan rasa semangat dan yang terbayang adalah buah markisa. Tapi kalau menyanyikan passion fruit sepanjang chorus pasti kedengarannya aneh," ujar Cinta Laura saat jumpa pers virtual pada Jumat (3/9) lalu.

"Karena aku pikir liriknya menggoda, nah kira-kira apa judul yang catchy. Tapi cara ngomongnya bukan 'markisa' tapi 'ma kiss ah'," lanjutnya.

1. Tonjolkan Musik Tradisional

Meski lagu Markisa liriknya berbahasa Inggris, Cinta Laura ingin menonjolkan budaya Indonesia. Oleh karena itu ia memilih menggunakan instrumen musik tradisional antara lain kecapi Minang, saluang dan sarunai dari Minang, sape dan vokal Kalimantan, kendang dangdut hingga kendang Sunda.

"Aku ingin menonjolkan budaya Indonesia tapi dengan cara yang modern. Walaupun liriknya bahasa Inggris percaya atau nggak percaya semua instrumen yang kita gunakan semua khas Indonesia. Ada kecapi Minang, ada sarunai Minang, saluang minang, ada vokal Kalimantan juga. Jadi orang-orang dengar 'oh ini Bollywood bukan sih?', 'oh ini Timur Tengah nggak sih?'. Tapi nggak, ini 100% persen Indonesia," jelas Cinta Laura.

Dalam mengerjakan lagu ini, Cinta Laura dibantu oleh Eka Gustiwana yang bertindak sebagai produser musik. Ia pun mengaku cukup kaget ketika Cinta Laura ingin menggunakan musik tradisional Indonesia.

"Aku pikir waduh Inggris gue kan juga pas-pasan ya melihat referensi lagu Cinta sebelumnya. Ternyata dia malah ingin menggali instrumen musik Indonesia. Dia pengin Indonesia banget," kata Eka Gustiwana.

2. Tantangan Eka Gustiwana

Baru pertama kali bekerja sama dengan Cinta Laura, Eka Gustiwana mengungkapkan tantangan terbesarnya. Menurutnya Cinta Laura adalah orang yang sangat perfeksionis. Sehingga ia harus bisa memenuhi semua keinginan Cinta Laura.

"Tantangan terbesar memahami maunya Cinta, kemauan Cinta. Cinta kan artisnya kita harus dengerin maunya apa, menerjemahkan ke musik gimana. Tapi gue jadi belajar banyak. Cinta (mengerjakan) 1000% sih. Bahkan dia dengan tim promosinya, dengan manajemen dan dengan saya, dia yang paling semangat," ungkapnya.

Sementara itu, Cinta Laura juga memuji Eka Gustiwana sebagai produser yang mengerti segala jenis musik. Ia pun ingin bisa berkolaborasi dengan Eka Gustiwana di proyek selanjutnya.

"Aku belum pernah ketemu musik produser di negara ini yang benar-benar walau udah sukses sangat sabar mendengarkan penyanyi yang datang ke studio dia. Eka benar-benar multi talented, menurut aku jarang banget ada orang yang seperti Eka yang benar-benar mengerti segala jenis musik. Aku bisa bilang ini bukan terakhir kali kalian lihat aku dan Eka berkolaborasi," pungkas Cinta Laura.

Seputar Cinta Laura:

Suka Olahraga dan Tampak Awet Muda, 7 Artis Ini Bisa Dijadikan Inspirasi Untuk Memulai Hidup Sehatmu

Punya Jiwa Sosial Tinggi, Cinta Laura Banyak Lakukan Aksi Sosial Sampai-sampai Jadi Duta

Tak Hanya Cantik, 5 Artis Indonesia Ini Ternyata Hobi Memasak Lho!

5 Wanita yang Sempat Dikabarkan Dekat Dengan Rezky Aditya Sebelum Citra Kirana

Membanggakan! Tak Hanya Punya Karir Yang Melejit, 5 Artis Indonesia Ini Punya Prestasi Akademik Setinggi Langit

(kpl/rhm/sry)