Rilis Jangan Mau LDRan, Bemandry Beri Gambaran Sulitnya Jalani Hubungan Jarak Jauh

Kamis, 08 September 2022 21:00


Bemandry / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Setelah merilis lagu Tak Lagi Ada dan buku pertamanya berjudul Tanpa Dirimu Aku Bahagia pada Februari 2022 lalu, penyanyi solo dan penulis lagu asal Indonesia, Bemandry, akhirnya kembali memperkenalkan karya musik terbarunya. Kali ini, ia menyuguhkan sebuah single yang diberi judul Jangan Mau LDRan. Dan lagu tersebut resmi dirilis pada hari ini, Jumat (26/8/2022) melalui platform dengar digital.

Jangan Mau LDRan sendiri mengisahkan tentang seseorang yang sedang berpesan kepada kawannya, agar tidak lagi mencoba hubungan jarak jauh, atau saat ini lebih banyak dikenal dengan istilah LDR (Long Distance Relationship). Di sana orang itu bercerita, tentang beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi ketika sepasang kekasih menjalani hubungan tersebut. Di antaranya seperti masih merasa kesepian walau sudah memiliki pasangan, kehadiran orang ketiga, dan masih banyak lagi.

Bemandry mengatakan, cerita yang ia angkat dalam Jangan Mau LDRan terinspirasi dari curhatan seorang teman kepada dirinya. Di mana ketika itu, salah satu temannya tersebut sedang sangat bersedih karena harus mengakhiri kisah cintanya yang dijalani secara LDR. Hal itu bisa terjadi disebabkan karena hadirnya orang ketiga.

"Apa yang saya tulis di lagu ini benar-benar pesan yang saya sampaikan kepada temanku saat itu. Dan saya rasa, ini adalah pengalaman yang banyak dialami oleh orang-orang di luar sana yang sempat menjalani LDR. Begitupun dengan saya sendiri, yang waktu zaman sekolah dulu sempat merasakan hal serupa," ungkap musisi yang akrab disapa Bem ini.

1. Merasa Berhutang Pada Fans

Dengan menulis lagu ini, ia ingin memberi gambaran bahwa LDR itu bukanlah sebuah hubungan yang mudah untuk dijalani. Tidak hanya kemungkinan hadirnya orang ketiga, LDR itu sangat beresiko terjadinya hubungan yang beracun akibat proses komunikasi yang jadi kurang baik, dan merasa selalu kesepian yang seharusnya tidak dirasakan oleh orang-orang yang memiliki pasangan.

"Itu nggak enak banget rasanya. Tapi ya, setiap orang yang menjalani hubungan ini pasti beda-beda kisah yang mereka alami. Namun yang terjadi di lingkungan sekitar saya, bahkan waktu dulu saat saya sempat menjalani LDR, hubungan ini sungguh sangat sulit untuk dijalani. Makanya saya suka kagum banget sama pasangan yang bisa berhasil dalam menjalani hubungan ini," tutur penyanyi yang lahir pada 7 September 1991 silam itu.

Kisahnya lagi, lagu Jangan Mau LDRan sebenarnya bukanlah karya yang ia rencakan untuk dirilis tahun ini. Setelah menjalani proses yang cukup berat yang ia alami, karena harus menyelesaikan buku dan lagu secara bersamaan di tahun ini, tadinya ia ingin rehat sejenak dan hanya mau melakukan proses pembuatan beberapa karya yang akan ia rilis di tahun 2023 mendatang.

"Tapi setelah saya menjalani proses yang tadinya ingin saya gunakan sebagai waktu rehat, saya bukannya tenang, malah sering merasa resah. Saya merasa memiliki hutang yang besar kepada pendengar saya jika terlalu lama tidak merilis karya. Dan ketika saya menjalani proses penggarapan lagu ini, apalagi dengan formula musik yang ingin saya presentasikan ke depannya, saya malah merasa lebih senang ketika melakukannya," ujar Bem.

2. Berbeda dari Karya-karya Sebelumnya

Jika dibandingkan dengan karya-karya Bemandry terdahulu, entah itu dalam beberapa singlenya maupun mini album yang sempat ia rilis, Jangan Mau LDRan bisa terbilang menjadi karya yang dikemas lebih 'ringan'. Hal itu bisa terdengar dari aransemen yang coba ia perdengarkan, dan pemilihan notasi lagu maupun lirik yang ada di dalam lagu tersebut. Dan kata Bemandry, formula musik ini akan lebih banyak ia presentasikan melalui banyak karya yang akan ia rilis ke depannya.

"Kita ambil contoh dari liriknya. Entah itu sengaja atau tidak, dulu saya cenderung lebih banyak menulis lirik-lirik yang puitis. Ya, walaupun masih dalam gaya yang mudah untuk dipahami. Namun, mulai dari lagu ini (Jangan Mau LDRan), saya tidak ingin melakukan hal itu lagi. Saya ingin bercerita lewat lagu dengan gaya yang apa adanya, tanpa dipaksakan untuk menjadi indah. Makanya, di lagu ini saya lebih banyak menggunakan ungkapan sehari-hari. Ya karena itulah gaya bertutur yang terlintas ketika saya menulis lagu ini," papar Bem.

Dengan menerapkan formula berkarya seperti ini, ia sedang berlatih untuk jujur dalam berkarya. Karena baginya, kebahagiaan tertinggi seorang seniman, adalah ketika ia bisa mengungkapkan kejujuran dalam setiap karyanya. Dan ia merasa sangat senang ketika sudah mampu menerapkan hal seperti ini.

"Saya merasa kurang bersenang-senang dengan karya saya yang dulu. Mulai dari single ini, mungkin saya ingin bahagia bersama karya-karya yang saya buat. Dan Jangan Mau LDRan ini akan menjadi pembuka untuk album pertama saya yang akan dirilis tahun depan (2023)," jelasnya.

3. Kerjakan Video Lirik Dalam Waktu Sebulan

Dalam rilisan single Jangan Mau LDRan ini, Bemandry tidak hanya menyuguhkan karya musiknya saja, namun juga karya visual yang tercipta dari hasil kolaborasi bersama seorang desainer grafis muda bernama Alfian Nugroho. Di sini, Alfian menggarap artwork serta video lirik yang ia kerjakan hanya dalam kurun waktu satu bulan saja.

Alfian mengatakan, keterlibatannya dalam single terbaru dari Bemandry ini merupakan sesuatu yang sudah lama ia nantikan. Sebenarnya ia sudah menginginkan hal ini sejak lama. Namun karena kesibukan yang dimiliki masing-masing, hal ini baru bisa terwujud ketika Bemandry merilis Jangan Mau LDRan kepada pendengar musik di Indonesia.

"Aku melihat Bemandry adalah salah satu musisi yang sangat aktif dalam berkarya dan merilis karyanya. Entah itu karya musik maupun karya tulis berbentuk buku. Bemandry sebagai seorang musisi memiliki sudut pandang dan ciri khas yang unik. Entah itu dari lirik yang ia tulis dengan kosa kata sederhana, namun mampun diubahnya menjadi mantra lucu yang enak didengarkan dengan balutan musiknya. Maka dari itu saya mau sekali berkolaborasi dengannya," tutup Alfian.

(kpl/pur/gtr)