RIlis Album Baru November Nanti, Berikut Sederet Lagu ABBA Yang Harus Kamu Dengar!

Selasa, 07 September 2021 22:00  | 

ABBA



ABBA (Credit: instagram.com/abba)

Kapanlagi.com - Siapa sih yang nggak kenal ABBA? Generasi 70-80an pasti sudah akrab dengan grup pop Swedia yang dibentuk di Stockholm pada tahun 1972. Anggotanya terdiri dari Benny Andersson, Anni- Frid Lyngstad, Agnetha Faltskog dan Bjorn Ulvaeus. Menariknya, nama grup ini merupakan singkatan dari nama depan anggita mereka. ABBA merupakan satu dari sederet bintang top dunia dan dimahkotai sebagai grup musikal paling sukses dalam sejarah musik populer. Berhasil puncaki tangga lagu dari 1974 sampai 1983, ABBA patut menjadi legenda dunia. 

Saat masih aktif berpromosi, grup ini terdiri dari dua pasangan menikah yaitu Faltskog dan Ulvaeus. Seiring dengan menanjaknya karir ABBA, hubungan pernikahan dua orang ini mengalami pasang surut hingga berujung pada perceraian. Kandasnya hubungan dua member membawa musikalisasi baru terhadap karya mereka. ABBA lebih fokus menulis musik dengan lirik yang lebih gelap dan introspektif. Perpisahan mereka juga digadang-gadang menjadi salah satu alasan ABBA bubar pada tahun 1982. 

Sepuluh tahun setelah mereka bubar, lagu-lagu terbaik ABBA yang dirilis dalam kompilasi album bertajuk ABBA Gold. Album ini langsung menyandang predikat worldwide best-seller. Pada tahun 1999, lagu-lagu ABBA diadaptasi menjadi MAMMA MIA!, sebuah musikal paling sukses yang sudah melakukan tour ke belahan dunia. ABBA menjadi salah satu artis dengan penjualan paling terbaik, bahkan mencapai 150 juta kopi di seluruh dunia. Nah, tahun ini tepatnya pada tanggal 2 September 2021, ABBA merilis dua single dan mengumumkan akan mengeluarkan album pada November 2021 setelah hampir 40 tahun vakum. Pasti enak-enak banget kan lagu-lagu ABBA? Nah, bagi kalian yang masih awam dengan ABBA, bisa mulai dengan rekomendasi lagu-lagu berikut! 

 

 

 

1. Honey, Honey

Diawali dengan lagu berjudul Honey, Honey. Lagu ini merupakan single kedua mereka setelah mega hit album kedua, Waterloo yang dirilis pada 30 Januari 1974. Bjorn Ulvaeus menulis single ini dengan iringan vokal oleh Agnetha Faltskog, Lyngstad dan Ulvaeus sendiri. Lirik yang sedikit sensual dengan kombinasi aransemen musik yang enjoyable mampu membuatmu terlena dengan lagunya meskipun hanya mendengarnya selama beberapa detik saja. Ini merupakan satu di antara lagu ABBA yang paling  ear-catchy. Fakta uniknya, versi original Honey, Honey dipercepat sedikit dan direkam menggunakan kunci E. Lagu ini pasti cocok untuk kamu yang ingin masuk ke fanclub ABBA.


Diluncurkan perdana di beberapa negara Eropa, Amerika Serikat dan Selandia Baru, Honey, Honey berhasil menduduki peringkat Top 5 di Jerman Barat selama 4 bulan berturut-turut. Tak hanya itu, lagu dengan lirik yang mudah diingat ini juga bertahan mencapai Top 5 di Austria, SPanyol dan Switzerland. Di Amerika Serikat sendiri, Honey, Honey cukup sukses dengan menduduki peringkat 27 di Billboard Hot 100 dan Adult Contemporary. Ini merupakan single pertama ABBA yang berhasil nangkring di tangga lagu AC.

 

 

2. Gimme! Gimme! Gimme! (A Man After Midnight)

Lagu ini mengusung genre cathartic disco yang menggambarkan konsep tentang kesendirian dan rasa ingin yang membludak. ABBA merilis lagu ini untuk mempromosikan tur Amerika Utara dan Eropa mereka pada Agustus tahun 1979. Seperti lagu-lagu sebelumnya, Gimme! Gimme! Gimme! Ditulis oleh Ulvaeus dan Andersson dengan iringan vokal oleh Faltskog. Bercerita tentang seorang wanita kesepian yang menginginkan hubungan romantis. Namun, Ia juga skeptis bahwa kehidupannya akan berujung dengan akhir yang bahagia seperti di film-film. 

Lagu ini merupakan salah satu lagu paling sukses dari ABBA yang mana berhasil mencetak peringkat nomor 1 di Belgia, Finlandia, Perancis, dan Irlandia.  Selain itu, lagu ini berhasil menduduki Top 3 di Austria, Jerman, Inggris dan Belanda, bahkan Norwegia. Jepang juga merupakan salah satu negara yang paling banyak memutar lagu ini dengan menduduki posisi ke 17.

 

 

 

3. Waterloo

Waterloo merupakan salah satu lagu paling cerdik yang pernah ditulis oleh ABBA. bagaimana tidak, lagu ini menggunakan referensi dari Perang Waterloo di mana Napoleon menyerah. Dalam lagu ini bercerita tentang perempuan yang menyerah terhadap lelaki dan berjanji untuk mencintainya. 

Waterloo merupakan single ABBA pertama yang berhasil masuk top chart Inggris selama dua minggu. Lagu ini juga berhasil menduduki tangga lagu di Belgia, Denmark, Finlandia, Jerman Barat, Irlandia, Norwegia, Afrika Selatan dan Switzerland. Tak tanggung-tanggung, single ABBA yang satu ini juga mendominasi tangga lagu Austria, Perancis, Belanda, Spanyol, dan Sweden.

ABBA memang menjadi penyanyi legenda bagi penikmat musik pop tahun 70-80an. Mendengarkan musik mereka seperti bernostalgia. Belum lagi lagu ABBA merupakan lagu yang ear-catchy. Bagi kalian pendengar ABBA, tunggu rilis album mereka pada November nanti ya!

Ditulis oleh Adelia Dewi Masita

 

 

 

(kpl/mag)