Rich Chigga, 'Kunci' Indonesia Tembus Industri Hip Hop Dunia?

Girindra Permana Cahya  |  Kamis, 13 Oktober 2016 13:22
Rich Chigga, 'Kunci' Indonesia Tembus Industri Hip Hop Dunia?
Rich Chigga © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - "Dia beda! Ketika orang-orang lain pakai bling-bling dan mencoba jadi seperti rapper pada umumnya, dia hanya menjadi dirinya sendiri. That's dope (itu sangat bagus). Aku mau masuk dalam lagu itu. Kamu kenal dia? Aku sangat suka itu, aku sangat apresiasi lagu itu. Aku akan melakukannya (kolaborasi dalam versi remix). Selanjutnya" begitulah yang dikatakan Ghostface Killa setelah menonton video Dat $tick milik Rich Chigga kepada 88rising.

Hal itu rupanya tak main-main dikatakan oleh salah satu personel grup Hip Hop legendaris Wu Tang Clan tersebut untuk Rich Chigga. Baru saja sebuah karya kolaborasi diluncurkan oleh 88rising mempertemukan rapper muda asal Indonesia ini dengan Ghostface Killah.

88rising sendiri merupakan wadah yang mencoba mempromosikan artis-artis Hip Hop yang ada di Asia. Memang pada umumnya talenta Hip Hop Asia tak banyak diketahui publik tak seperti para michropone abuser yang tumbuh di negara-negara barat.

Tak hanya mereka berdua, turut memberikan cecaran kata-kata Pouya, salah satu rapper asal Florida, dalam lagu ini. Jelas hasilnya, Dat $tick yang sempat viral di YouTube terdengar berbeda dari versi aslinya.

Viewers video 'Rich Chigga - Dat $tick Remix feat Ghostface Killah and Pouya' terus bertambah © YoutubeViewers video 'Rich Chigga - Dat $tick Remix feat Ghostface Killah and Pouya' terus bertambah © Youtube

Antusiasme publik bisa dibilang hebat. Baru saja dirilis 14 jam, video ini telah mendapatkan view sebanyak 626.900 kali. Bisa jadi video ini akan meneruskan kesuksesan Dat $tick versi original milik the one and only Brian Imanuel.

Masih dengan gaya ala-ala rich-nya yang Indonesia banget, Rich Chigga masih memberikan sisi humor dalam video klip Dat $tick kali ini. Polo shirt, celana pendek dan waist bag masih menjadi kostum-nya yang benar-benar menjadi kemasan tersendiri untuknya. Sebelum ini, memang ia sudah terkenal kerap memberikan jokes-nya in English dalam sosial media Vines.

Dalam klip ini, Rich Chigga muncul dengan hooverboard dan badan yang berapi-api di awal video klip. Barang-barang bling-bling serta animasi robotik membuat klip ini makin bernuansa 'so rich and futuristic' yang dibuktikan dengan adanya beberapa buah game machine serta beberapa unit truk trailer yang penuh dengan besi krom yang berkilau ala-ala film TRANSFORMER

Rich Chigga dalam Dat $tick Remix © instagram.com/richchiggaRich Chigga dalam Dat $tick Remix © instagram.com/richchigga

Jika sudah melihat video Dat $tick yang pertama tentunya kita tak akan melewatkan bahwa gimana Rich membuang minuman ber-alkohol yang ada di tangannya. Tak ada hal seperti itu di versi remix ini. Namun, kehadiran wanita-wanita cantik seksi ala-ala video klip Hip Hop lainnya membuat satu perbedaan yang cukup mencolok untuk klip Brian Imanuel yang baru beranjak 17 tahun pada bulan September silam. 

Part-part lagu pun mengalami beberapa perubahan. Brian Imanuel mengganti dan memberikan rima-rima baru dalam versi remix ini. Ditambah lagi dengan bagian pelengkap dari Pouya serta Ghostface Killah membuat nuansanya terdengar berbeda.

Selain Dat $tick, ia juga telah membagikan dua lagu lain berjudul Who That Be dan Living The Dreams. Dua lagu itu sendiri sudah menembus 3 juta viewers lebih di YouTube.

Selain 'Dat $tick', Rich Chigga telah merilis lagu 'Who That Be' serta 'Living The Dream' © instagram.comSelain 'Dat $tick', Rich Chigga telah merilis lagu 'Who That Be' serta 'Living The Dream' © instagram.com

Brian Imanuel aka Rich Chigga memang baru saja beranjak 17 tahun. Kolaborasi ini bisa dibilang bahwa talentanya tak diremehkan oleh pelaku dunia Hip Hop barat seperti Ghostface Killah yang bukan merupakan wajah baru di situ.

Selain kehadirannya dan artis-artis lain seperti Young Lex yang sedang booming di YouTube sebagai kebangkitan musik Hip Hop Indonesia di publik, bukan tidak mungkin kan jika kolaborasi ini adalah sebuah pintu untuk membuka jalan yang lebih besar untuk Rich Chigga di industri hip hop dunia? Kalau menurut kalian sendiri bagaimana?

Jangan Lewatkan!

Seni Tato, Bukan Cuma Sekedar Ajang Gaya-gayaan

Sekilas Tentang Reggae, Musik Perjuangan Vs Musik Pantai

Kenapa Suzy Miss A Pantas Disebut Sebagai 'Cinta Pertama Korea'?

Perseteruan India Pakistan, Pil Pahit Politik Untuk Bollywood

2016, Era Kebangkitan Film dan Sinetron Milenium

(kpl/otx)


Lihat Arsip Musik

- - -