Rhoma Irama: Sonet 2 Band Rival Peter Pan

Noviana Indah TW  |  Jumat, 23 Januari 2009 08:39


  • Rhoma Irama: Sonet 2 Band Rival Peter Pan
    Rhoma Irama dan Ridho Irama Foto: Budi
Kapanlagi.com - Revolusi musik dangdut yang pernah dilakukan sang raja dangdut Rhoma Irama dengan Soneta Group di era tahun 1970-an berhasil mengangkat musik dangdut sejajar dengan musik yang berjaya di era itu. Dan sekarang, ketika musik dangdut mulai tersisihkan kembali maraknya band baru seperti Peterpan, Ungu dan Radja, Rhoma Irama kembali mengambil peranan sebagai seorang revolusioner musik dangdut dengan menabuh genderang perang untuk memulai suatu perubahan.

Lewat generasi baru Soneta Group, yaitu Sonet 2 Band (dibaca sonet two -red) di mana si bungsu dari satria bergitar ini, Ridho Irama, menjadi vokalisnya, Rhoma yakin dan optimis bisa menyaingi Peterpan dan Ungu.

"Yang dikatakan revolusi adalah sesuatu yang baru dengan tren baru, atmosfir baru, dengan konteks baru hingga kita bisa bersaing dengan musik yang sekarang ada. Dan Insya Allah, Sonet 2 Band bisa saingi group band Peterpan dan Ungu," ujar Rhoma saat ditemui dalam acara launching album Sonet 2 Band di Planet Hollywood, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (22/1).

Walaupun konsepnya grup band tapi Sonet 2 tidak menghilangkan musik dangdut yang menjadi benang merah antara Soneta dan Sonet 2. Menurut Rhoma, benang merah tersebut adalah musik dangdut yang menjadi idealisme dalam bermusik.

"Musik dangdut adalah benang merah antara Soneta dan Sonet 2 dan itu namanya suatu idealisme. Kita dalam bermusik harus menjadi diri sendiri. Saya tidak mau dia menjadi Rhoma Irama, tapi yang pasti yang harus diikuti adalah akhlakul karimah," jelas Rhoma.