Rhoma Irama Perjuangkan Dangdut Masuk Warisan Budaya Dunia

Adi Abbas Nugroho  |  Jumat, 23 November 2012 09:21
Rhoma Irama Perjuangkan Dangdut Masuk Warisan Budaya Dunia
Rhoma Irama
Kapanlagi.com - Saat ini Rhoma Irama bersama PAMMI sedang dalam proses pengajuan musik dangdut menjadi warisan budaya dunia tak benda di UNESCO. Raja Dangdut ini ingin menjadikan dangdut sebagai sesuatu yang elit.

"Kami dari PAMMI mengajukan dangdut jadi budaya Indonesia. Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk memasukkan dangdut di UNESCO. Persyaratan-persyaratan juga sebenernya udah kami penuhi. Ini dalam proses perjuangan dangdut jadi elit dunia," ucap Rhoma di acara Sosialisasi & Workshop Nominasi Warisan Budaya Dunia Tak Benda UNESCO, Hotel Merlynn Park, Jakarta Pusat (23/11).

Raja Dangdut ini pun tak merasa terlambat ketika memperjuangkan musik dangdut di UNESCO baru saat ini. "Pertama yang saya tahu, ini antri karena banyak budaya nasional yang jadi heritage dunia. Setiap tahun kalau gak salah 1 dan kita harus menunggu selama 4 tahun proses itu. Waktunya memang panjang, yang pasti kita terus mengalir. Saya pelaku sejarah dari orkes melayu ke dangdut. Saya yang merevolusi musik ini, saya yang menciptakan musik ini. Saya rasa gak ada kata terlambat untuk yang lebih baik," kata ayah Ridho Rhoma tersebut.

Rhoma pun yakin jika dangdut akan bisa sekelas, bahkan mengalahkan popularitas Gangnam Style. "Saya pribadi yakin, saya dan Soneta Grup berani tampil di dunia manapun. Karena saya punya ciri khas. Jenis musik apapun Soneta siap tampil bersama," tukasnya. (kpl/ato/abs/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -