Rekomendasi Lagu Jawa untuk Acara Pernikahan, Bikin Momen Makin Syahdu

Penulis: Ferniza Tri Aulia

Diperbarui: Diterbitkan:

Rekomendasi Lagu Jawa untuk Acara Pernikahan, Bikin Momen Makin Syahdu
(Sumber: Youtube/ DENNY CAKNAN)

Kapanlagi.com - Prosesi pernikahan akan terasa kurang lengkap tanpa adanya alunan musik atau lagu-lagu romantis yang mengiringi kebahagiaan pasangan pengantin. Biasanya, lagu-lagu pop barat atau Indonesia menjadi pilihan untuk acara pernikahan.

Namun, kini lagu-lagu Jawa juga sedang populer di kalangan semua orang. Lirik-liriknya yang menyentuh bisa membuat siapa pun terhanyut dalam lagu tersebut, meskipun tak sepenuhnya memahami artinya.

1. Cundamani

Lagu Jawa yang berjudul Cundamani yang dinyanyikan oleh Denny Caknan telah menjadi sangat populer di media sosial, dengan sudah ditonton sebanyak 32 juta kali di kanal YouTube milik Denny Caknan.

Liriknya yang romantis dan sarat makna membuatnya sangat cocok untuk menjadi lagu pernikahan, karena kata "Cundamani" sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti permata terbaik.

Lagu ini ditulis oleh Denny Caknan sebagai kado untuk istrinya, menceritakan tentang kesungguhan cintanya terhadap sang istri sekaligus sebagai permintaan maaf jika ada kekurangan darinya.

Liriknya juga mengajak pasangan untuk selalu menjadi tempat bercerita satu sama lain sepanjang hidup.

"Sayang… titip rogoku titip roso tresnoku

Seneng ini mung koe seng ngerti

Dadio konco ceritoku sepanjang uripku”

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tulus

Lagu yang dinyanyikan oleh Surepman bersama Restianade juga menjadi fenomena di platform media sosial TikTok.

Lirik dari lagu yang berjudul "Tulus" sangatlah romantis, mengungkapkan perasaan yang mendalam tentang cinta seseorang pada pasangannya, serta keinginan untuk bersama selamanya.

"Tak genggem tanganmu

Tak elus pipimu

Sumebyar jantungku koyo mandek ora mlaku

Tresnoku yo mung kowe ra ono liyane

Mugo dewe bahagia selawasae”

3. Nemu

Jika Anda merasa sungguh bersyukur menemukan pasangan yang begitu memahami dan telah menjadi penyembuh pada waktu yang tepat, lagu "Nemu" yang dipopulerkan oleh Gilga Sahid cocok untuk menjadi lantunan indah di hari pernikahan Anda.

Lirik lagu ini menyampaikan rasa terima kasih kepada Tuhan karena telah mengirimkan seseorang yang tepat ketika hati sedang terluka, serta berharap kehadirannya bisa menjadi penawar dan bisa bersama hingga menua.

"Matursuwun gusti mpun maringi seng gemati

Nemun slirane ngobati ati kang sepi

Matursuwun gusti mpun maringi seng gemati

yang pergi biarlah pergi ini koe seng ngancani”

4. Nyuwun Restu

Penyanyi solois Tyok Satrio baru-baru ini menciptakan lagu Jawa yang berjudul "Nyuwun Restu", yang dirilis seminggu yang lalu di kanal YouTube miliknya.

Lagu ini versi akustiknya sangat cocok dinyanyikan oleh mempelai pria sebagai ungkapan terima kasih kepada orang tua atas restu yang telah diberikan untuk menikahi putri mereka.

Liriknya mengisahkan tentang seorang pria yang sangat mencintai pasangannya namun ingin memastikan bahwa ia mendapat restu dari orang tua sebelum melangkah lebih jauh.

Lagu ini juga menyakinkan orang tua bahwa pria tersebut sungguh tulus dan akan selalu setia menjaga pasangannya hingga akhir hayat.

“Pak Buk, kulo nyuwun restu saking panjenengan.

Pak Buk, kulo tenanan mboten mung dolanan

Pak Buk, maturnuwun bakale tak jogo tenan sampai maut yang memisahkan"

5. Lintang Asmara

Meskipun menjalani hubungan jarak jauh, pasangan akhirnya menemukan kebahagiaan di pelaminan. Lagu "Lintang Asmara" menjadi pilihan wajib untuk mengiringi momen istimewa mereka.

Ciptaan dari Dru Wendra dan Galin Yuana ini menggambarkan kekuatan cinta yang tulus dan kokoh, melewati segala rintangan yang menghadang di antara mereka.

Liriknya yang romantis dan puitis berjanji untuk setia dan bahagia hingga akhir hayat, sambil menggambarkan pesan mendalam bahwa cinta mereka takkan pernah terpisahkan.

“Wong ayu tresnamu kinarya tamba. Susah jroning batinkku

Wong bagus antebna atimu. Tresnaku tulus jroning kalbu”

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/fta)

Rekomendasi
Trending