Ratna Listy Ingin Punya Andil Lestarikan Musik Keroncong

Darmadi Sasongko  |  Selasa, 25 Agustus 2009 05:25
Ratna Listy Ingin Punya Andil Lestarikan Musik Keroncong
Ratna Listy

Kapanlagi.com - Terakhir kali Ratna Listy merilis album duet dengan Agus Dhukun berjudul HITAM PUTIH tahun 2005. Sejak saat itu, perempuan asal Madiun, Jawa Timur itu tidak lagi melahirkan album baru, meski setiap saat masih menerima job untuk menyanyi.

Kini Ratna tengah mempersiapkan sebuah album solo, yang diberi judul LARAS PESISIRAN. Berbeda dengan album sebelumnya yang memilih jalur musik pop, kali ini perempuan pemilik nama asli Ratna Sulistyaningsih itu lebih memilih musik keroncong, dengan penggabungan beberapa unsur musik lain.

"Gabungan keroncong, musik mandarin sama jawa timuran tapi bahasanya Jawa jadi campursari tapi bukan yang seperti punya Didi Kempot," tegasnya.

Yang membedakan dengan lagu-lagu Didi Kempot menurutnya adalah unsur keroncongnya yang lebih kental. Karena keroncong sendiri merupakan budaya Indonesia yang ingin dikembangkan dan dilestarikan oleh presenter acara BEDAH RUMAH itu.

"Kalau campursari yang lain unsur dangdutnya lebih kental, karena aku ingin punya andil untuk melestarikan keroncong. Karena keroncong adalah salah satu budaya Indonesia yang hampir punah, banyak yang bilang kalau keroncong ini bukan budaya Indonesia tapi budaya Portugis dan negara lain. Sebenarnya ini musik asli Indonesia," tegas Ratna saat ditemui di rumahnya, di Kawasan Kota Wisata Cibubur, Jakarta, Sabtu (22/8) itu.

Selain alasan pelestarian budaya, pilihan jalur keroncong menurut Ratna dipengaruhi oleh perjalanan karirnya yang pernah menjadi juara Bintang Televisi dan Radio untuk musik keroncong tahun 1989. Apalagi selama SMU juga sudah aktif sudah mengantongi prestasi di bidang musik keroncong.

"Kemudian karena keroncong nggak terlalu banyak, jadi kalau nyanyi tuh dangdut dan pop," pungkasnya.

Ratna Listy yang lahir di Madiun, Jawa Timur, 2 Agustus 1973 itu telah tiga kali merilis album. Diawali pada 1998 lewat album OBSESI, Disusul pada 2002 lewat album religi ADZAN, dan terakhir pada 2005 lewat album HITAM PUTIH duet bersama Agus Dukun.     (kpl/gum/dar)

Lihat Arsip Musik

- - -