Rating IDOL Menurun, Pemenang Belum Tentu Sukses Dalam Chart

Erick  |  Rabu, 14 Januari 2015 16:35
Rating IDOL Menurun, Pemenang Belum Tentu Sukses Dalam Chart
American Idol © American Idol Official Facebook
Kapanlagi.com - Dunia sudah tidak asing lagi dengan AMERICAN IDOL. Bahkan di negara kita pun ada acara serupa. Namun dengan banyaknya season yang sudah ditayangkan, apakah justru akan menurunkan ratingnya?

Di malam yang sama, minggu lalu, opera sabun hip-hop milik Fox meraih rating yang mengagumkan. Sementara itu, rating AMERICAN IDOL mulai menurun. Sedangkan sebuah drama berjudul EMPIRE, mampu menyedot penonton lebih banyak.

Cover album Clay Aiken terbaru, TRIED & TRUE © Clay Aiken Official FacebookCover album Clay Aiken terbaru, TRIED & TRUE © Clay Aiken Official Facebook


Penurunan ini dirasa cukup signifikan. Penampilan Caleb Johnson hanya mampu menyedot penampilan sebanyak 10 juta penonton. Namun ketika Rubben Studdard mengalahkan Clay Aiken di Season 2, mampu menyedot penonton hingga 38 juta di tahun 2003.

Fakta lain tampak pada 4 tahun yang lalu. Scotty McCreery memenangkan Season 10 di tahun 2011. Acara ini hanya ditonton oleh sekitar 29,3 juta orang. Ya, rating IDOL memang sedang perlahan menurun.

Sama halnya dalam tangga lagu Billboard 200. Para pemenang IDOL tidak lantas mendapat posisi tinggi dalam tangga lagu. Debut album Caleb Johnson, TESTIFY, adalah yang terendah dalam tangga lagu dibanding pemenang IDOL lainnya.

Caleb hanya sampai pada posisi 24 dalam Billboard 200. Bahkan pemenang tahun 2013 lalu, Candice Glover, juga bernasib sama. hanya sampai pada urutan 14 pada tangga lagu. Mereka berdua dinilai mempunyai kualitas suara yang masih mentah, namun yang paling penting adalah, masih banyak orang yang belum tahu, siapa mereka.

(bil/erc)


Lihat Arsip Musik

- - -