Purwacaraka Siap Perkenalkan Alat Musik Tradisional Indonesia di Frankfurt Musikmesse

Rabu, 27 Maret 2019 18:01  | 

Purwatjaraka



Purwacaraka akan kenalkan alat musik tradisional ke Eropa. © Istimewa


Kapanlagi.com - Sekitar 11 alat musik buatan Indonesia akan unjuk gigi dalam event kenamaan Frankfurt Musikmesse 2019. Pameran alat musik terbesar di Eropa itu rencananya akan dihelat pada tanggal 2 sampai 5 April 2019 di Frankfurt, Jerman.

Musisi Indonesia, Purwacaraka bersama musisi instrumental akan terlibat untuk memperkenalkan dan membuat konsep sedemikian rupa untuk ditampilkan di Frankfurt Musikmesse 2019.

"Kita akan bawa sasando dari NTT, kita akan bawa beberapa suling dari Bali, kita bawa semua alat musik kecuali drum, karna gak mungkin. Bass bambu, angklung toel bawa 2 vokalis," ucap Purwacaraka saat ditemui di Lounge XXI, Djakarta Theater, Thamrin, Selasa (26/3).

1. Kerjasama Bekraf

Tentu saja, Purwacaraka bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui deputi pemasaran memiliki tujuan agar alat musik Indonesia bisa dikenal dan nantinya juga dijadikan salah satu alternatif bermusik bagi musisi dunia.

"Konsepnya seperti ini, saya ingin menampilman etnik ke internasional, agar bisa dipakai jadi alternatif musik internasional," kata Purwacaraka.

2. Kejutan Spesial

Purwacaraka merupakan musisi sekaligus komposer berbakat Indonesia. Ia telah berkarier di dunia musik sejak tahun 80-an. Tahun ini Purwacaraka menyiapkan penampilan spesial dia Frankfurt Musikmesse 2019.

"Iya kalau saya kejutannya pokoknya main musik sebaik mungkin. Itu sebagai contoh bahwa musik ada destinasinya, tujuannya apa. Main musik harus ada tujuannya apa. Kemarin kita kurasi bukan cuma sekedar bikin, tapi kita liat impactnya seperti apa," pungkasnya.

(kpl/aal/rna)