Profil Nile Rodgers, Gitaris Legendaris yang Berkolaborasi dengan LE SSERAFIM Lewat UNFORGIVEN

Penulis: Nurulia Januaristy

Diperbarui: Diterbitkan:

Profil Nile Rodgers, Gitaris Legendaris yang Berkolaborasi dengan LE SSERAFIM Lewat UNFORGIVEN
Nile Rodgers dan LE SSERAFIM (Credit: nilerodgers.com dan Twitter/le_sserafim)

Kapanlagi.com - Ditulis oleh Nurulia Januaristy Putri

Nama Nile Rodgers menjadi dikenal di kalangan penggemar K-Pop baru-baru ini. Pasalnya LE SSERAFIM, girl group K-Pop ternama dari Source Music, baru saja comeback dengan album pertamanya yang berjudul UNFORGIVEN pada 1 Mei 2023. Lewat comeback tersebut, LE SSERAFIM berkolaborasi dengan gitaris legendaris Nile Rodgers.

UNFORGIVEN, lagu kolaborasi antara LE SSERAFIM dan Nile Rodgers, adalah lagu yang menggunakan sampel dari film klasik THE GOOD, THE BAD AND THE UGLY. Lagu ini menggambarkan keinginan anggota LE SSERAFIM untuk melepaskan diri dari aturan yang ditetapkan oleh masyarakat dan hidup dengan cara yang unik tanpa rasa takut

Nile Rodgers merupakan gitaris yang sudah menerima banyak penghargaan dan pengakuan atas karya seninya. Ia berhasil meraih penghargaan dari Grammy Awards sebanyak tiga kali dan terpilih masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame bersama band Chic pada tahun 2017.

Yuk, simak selengkapnya mengenai profil dan karya-karya Nile Rodgers di bawah ini!

1. Profil dan Biodata Nile Rodgers

Lahir pada 19 September 1952 di New York, Nile Rodgers adalah seorang gitaris, komposer, dan produser musik terkenal di dunia. Nile Rodgers mulai bermain gitar ketika berusia 16 tahun setelah terinspirasi musik funk dan soul dari James Brown ataupun Sly Stone. Ia memulai karir di dunia musik pada tahun 1970-an dengan membentuk band funk yang kini terkenal sebagai Chic.

Berkat kemampuannya, Nile Rodgers dikenal sebagai gitaris legendaris terbaik di dunia. Gaya bermain gitarnya yang khas, yaitu chucking, memberikan efek yang unik pada musik karyanya. Nile Rodgers yang juga seorang produser musik telah berkolaborasi dengan banyak musisi terkenal.

Pada tahun 2002, Nile Rodgers dan Nancy Hunt, pasangan hidupnya, mendirikan organisasi nonprofit bernama We Are Family Foundation. Organisasi tersebut bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan kesetaraan lewat pendidikan dan budaya.

Nile Rodgers dulunya merupakan pejuang kanker pada tahun 2010 dan 2017. Ia mendokumentasikan penyakitnya tersebut lewat blog yang berjudul Walking on Planet C. Setelah melakukan operasi, Nile Rodgers mengumumkan bahwa ia 100% sudah bebas dari kanker pada Juli 2019.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Karya Nile Rodgers

Sudah lama berkarir di dunia musik, Nile Rodgers tentu menghasilkan karya musik populer selama itu. Nah, berikut ini adalah karya-karya dari Nile Rodgers yang paling populer:

  1. Le Freak - Chic (1978)
Lagu yang dinyanyikan oleh band Chic pada tahun 1978 ini ditulis oleh dua anggota mereka, Nile Rodgers dan Bernard Edwards. Lagu ini berhasil menjadi lagu populer dan menempati posisi hits nomor 1 pada tangga lagu Billboard.

  1. Good Times - Chic (1979)
Lagu berikutnya dari band Chic yang dinyanyikan pada tahun 1979 ini juga merupakan karya dari Nile Rodgers. Lagu Good Times juga berhasil menjadi hits nomor dan telah dicover oleh banyak artis, salah satunya The Sugarhill Gang. The Sugarhill Gang menggunakan sampel Good Times pada lagu hits mereka, Rapper’s Delight.

  1. Let's Dance - David Bowie (1983)
Lagu ketiga adalah lagu yang Nile Rodgers tulis untuk David Bowie. Lagu yang rilis pada tahun 1983 ini berhasil mendapatkan popularitas besar dan memperkenalkan Bowie kepada pencinta musik.

  1. Like a Virgin - Madonna (1984)
Like a Virgin yang dipopulerkan oleh Madonna pada tahun 1984 juga merupakan karya dari Nile Rodgers. Lagu ini berhasil menempati posisi hits nomor satu dalam tangga lagu Billboard dan menjadikan Madonna sebagai salah satu bintang pop tersohor di dunia.

  1. Get Lucky - Daft Punk (2013)
Lagu yang terakhir ini adalah lagu yang dirilis oleh Daft Punk, kelompok grup musik elektronik asal Perancis, pada tahun 2013. Selain Nile Rodgers, Get Lucky juga diproduseri oleh Pharrel Williams. Berhasil menjadi salah satu lagu yang hits besar di masa itu, Get Lucky memenangkan berbagai penghargaan yang salah tiganya berasal dari Grammy Awards.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/njp)

Rekomendasi
Trending