Prambanan Jazz Festival 2020 Tetap Digelar, Berikut Jadwal Baru dan Line Up Performernya!

Rabu, 20 Mei 2020 20:22


Prambanan Jazz Festival / Credit: Instagram - prambananjazz

Kapanlagi.com - Salah satu event musik jazz tahunan terbesar, Prambanan Jazz Festival tahun ini bakal memasuki edisi ke-6. Festival ini secara konsisten menghadirkan kolaborasi mahakarya Candi Prambanan sebagai world heritage dan mahakarya musik dari musisi legendaris pada waktu bersamaan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, sederet musisi dunia yang sempat hadir mencakup nama-nama seperti Kenny G, Rick Price, Sarah Brightman, Boyz II Men, Boyzone, YANNI, Brian McKnight hingga Calum Scott. Selain itu, sederet musisi Tanah Air berkelas juga secara konsisten di Prambanan Jazz Festival dari tahun ke tahun.

Untuk edisi ke-6 yang bakal digelar tahun ini, ada sedikit kendala yang muncul. Seperti diketahui, saat ini kita tengah berjuang melawan pandemi Covid-19, yang menyebabkan berbagai acara hiburan, termasuk event musik harus ditiadakan. Meskipun begitu, rupanya Prambanan Jazz Festival #6 bakal tetap berlangsung.

1. Dijadwalkan Ulang

Awalnya, Prambanan Jazz Festival 2020 dijadwalkan pada 3, 4 dan 5 Juli 2020 di Kompleks Candi Prambanan. Namun Promotor akhirnya memutuskan untuk melakukan penjadwalan ulang, yakni pada 30, 31 Oktober dan 1 November 2020.

Pertimbangan kesehatan dan keselamatan penonton, artis serta pengisi acara, kru dan semua yang terlibat di dalam pelaksanaan festival menjadi proritas Rajawali Indonesia selaku promotor. Tentunya Prambanan Jazz Festival 2020 akan diselenggarakan
dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pemerintah.

"Kami meminta maaf dengan penjadwalan ulang ini, turut prihatin dengan adanya pandemi Covid-19, tetapi kami tetap berupaya menghadirkan festival tahunan ini walaupun harus mengubah jadwal dan semoga pandemi ini segera berakhir," ujar Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia sekaligus Founder Prambanan Jazz Festival.

2. Line Up Prambanan Jazz Festival 2020

Yang jadi pertanyaan, siapa saja line-up yang bakal mengisi Prambanan Jazz Festival 2020? Informasi tersebut akhirnya didapatkan KapanLagi.com dari press rilis yang dikeluarkan oleh pihak promotor belum lama ini.

Pada hari pertama, Fourtwnty, Hindia, Pamungkas, Andmesh, Nadine Amizah, Reality Club, Once Mekel, Joey Alexander hingga Kunto Aji akan menghibur para pecinta musik. Selain itu, line up tersebut masih bisa bertambah.

Hari kedua, panggung Festival Show akan diisi oleh Eva Celia, Isyana Sarasvati, Joko in Berlin, Egha De Latoya dan akan diupdate artis lainnya.

Sementara di hari terakhir, pengunjung akan dihibur dengan penampilan dari Reza Artamevia, Sinten Remen (Tribute To Djaduk F), Ardhito Pramono, Janapati (Dewa Budjana dan Tohpati) hingga Yura Yunita.

Panggung Special Show sendiri akan menghadirkan sederet musisi manca negara. Salah satunya, Postmodern Jukebox yang akan tampil pada hari ketiga. Postmodern Jukebox adalah sebuah grup musisi bergenre jazz / swing yang ditemukan oleh Scott Bradlee.

Beberapa line up artis Special Show akan menjadi surprise tersendiri, seperti di hari kedua akan ada grammy’s award winner, juga hari pertama grup musik dreampop yang mengawali debut
musiknya melalui soundcloud dan memiliki banyak fans di Indonesia sangat sayang untuk dilewatkan.

3. Konsep dan Tata Panggung Lebih Matang

Co Founder Prambanan Jazz Bakkar Wibowo mengatakan penjadwalan ulang Prambanan Jazz Festival 2020 akan membawa beberapa perubahan. Salah satunya adalah kehadiran konsep tata panggung dan venue yang semakin matang. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Prambanan Jazz Fetival 2020 juga
akan bekerja sama dengan commission artist dan senantiasa menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Sementara itu bagi para pemegang tiket, Prambanan Jazz menginformasikan bahwa tiket berlaku untuk konser mendatang, tentunya dengan line up artis yang lebih banyak lagi akan dihadirkan dari yang sudah dirilis.

(kpl/pur/gtr)