Polemik RUU Permusikan, Ini Lho Sejumlah Pasal Yang Jadi Pro Kontra

Rabu, 06 Februari 2019 09:51  | 

Anang Hermansyah



Tolak RUU Permusikan credit: instagram.com/ruangindie_ dan Glen Fredly dan Anang Hermansyah © KapanLagi.com/Agus Apriyanto




Kapanlagi.com - Belakangan RUU Permusikan lagi rame banget jadi perbincangan. Nggak cuma jadi polemik di antara sesama musisi maupun pecinta musik, masyarakat awam pun nggak mau ketinggalan. Hm, lantas sebetulnya apa sih yang jadi pangkal pro kontra dari RUU ini?

RUU ini bukan sesuatu yang dirancang baru-baru saja, tapi ternyata sudah digodok sejak tahun 2015. Kemudian pada 12 April 2017 Anang Hermansyah, Anggota Komisi X DPRD RI menyerahkan naskah akademik RUU ini pada pimpinan komisi, hingga akhirnya pada Oktober 2018 RUU ini secara resmi masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Dalam seluruh proses tersebut, Komisi X terus melakukan diskusi dengan para musisi maupun stakeholder industri musik tanah air lainnya.

Kini RUU permusikan memasuki babak baru, yakni babak yang dipenuhi reaksi penolakan sana-sini, salah satunya dari Koalisi Nasional Tolak (KNTL) RUU Permusikan. Koalisi ini setidaknya terdiri dari ratusan musisi yang mempermasalahkan sejumlah pasal. Penolakan dari KNTL RUU Permusikan cukup masif dan sampai mencuri perhatian publik. Salah satu anggotanya adalah Jerinx SID yang sampai berdebat hebat di sosial media dengan Ashanty, istri Anang Hermansyah.

(kpl/tdr)