Poesar Bumi Band Rilis 'Jangan Takut Tua', Lagu Penyemangat Ala Rock 90-an

Senin, 09 Mei 2022 21:31


Poesar Bumi. Foto: Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi.com - Poesar Bumi Band merilis single ketiga mereka yang berjudul Jangan Takut Tua. Tergambar dari kelugasan judulnya, single baru ini menjadi penyemangat penikmat musik, khususnya yang sudah merasa diri sudah memasuki usia 'tua'. 

"Berapa pun usia itu menggembirakan. Bertambah tua itu anugerah. Semangat dan bahagia itu tentang jiwa," tutur mereka dalam single baru ini. Isi lirik yang simple ini memang bertujuan memberi semangat. Oleh karenanya Poesar Bumi memilih kata-kata yang sederhana lugas dan bisa diterima beragam kalangan. 

"Berapa pun usia kita, itu adalah anugerah yang patut disyukuri. Dan setiap kita layak untuk berbahagia menurut caranya masing-masing," ujar Dhedhi, gitaris terkait tema yang diusung dalam single terbaru ini. 

 

 

 

1. Ungkapan Hati Para Personil

Jangan Takut Tua boleh dikatakan sebagai ungkapan hati para personilnya.  yang tidak bisa dibilang muda di rentang usia 46 – 50 Tahun, dengan kesibukan masing-masing masih punya semangat bersama untuk bergembira bersama berkarya, bermain musik dan menginspirasi.

Heru Krisna pada vocal, Dhedhi Harmanto pada gitar dan backing vocal, L. Agus Wahyudi pada keyboard dan backing vokal, A. Agus Adirianto pada bass dan backing vocal, serta Dwi Kustrita pada drum tidak menolak ketika dibilang sudah tidak lagi muda. Usia mereka berkisar di antara 46-50 tahun di tahun ini. 

Umur itu hanyalah sebuah angka
Kenyataan yang tak terelakkan
Yang terpenting jaga kesehatan
Semoga kita berumur panjang
Kami tua kami bahagia
Kami tua tambah bahagia

Kekuatan lagu ini ada dalam lirik yang unik dan inspiratif serta musik pop rock yang cerdas dan gembira. Sehingga setiap usia bisa terhibur, bersemangat dan penuh energi mendengarkan lagu ini, terlebih lagi yang berusia 40 Tahun ke atas.

"Lagu ini ditujukan untuk semua orang yg mempunyai mimpi besar tapi memiliki banyak keterbatasan. Sehingga jadi kurang bersemangat, putus asa, kalah/gagal, belum berhasil," jelas Trita sang drummer. Tak hanya itu, meski lagunya terkesan hanya untuk pendengar yang sudah berumur, lagu ini bisa juga memberi semangat kepada mereka yang masihg muda. "Ini juga memberi semangat untuk yang masih muda, karena di sosial media juga banyak #jangantakuttua," tambah Heru. 

 

 

 

2. Personilnya Adalah Cucu Pencipta Lagu Nasional

Poesar Bumi adalah sebuah band “reunian” yang berdiri 29 Tahun lalu, yang banyak berkarya dan tampil di Jogja dan sekitar pada jamannya. Namun tidak berhenti di situ, masing-masing tetap punya kesibukan professional di musik di langkah selanjutnya.

Yudi pernah 2 tahun menjadi additional player Ada band dan pencipta Jingle Pemilu 2019. Heru merupakan owner dan producer dari Micvi Entertainment dan bersolo karir. Dhedhi salah satu sound engineer cukup ternama di Jogja, sementara Anto dan Trita tetap terus bermain musik tampil di berbagai acara di sela-sela kesibukan bekerja. Trita sendiri adalah salah seorang cucu pencipta lagu nasional “Padamu Negeri”.

Dengan profesi yang beragam, tidak hanya sebagai personil band saja, personil Poesar Bumi mengaku mendapat tantangan berat dalam menyelesaikan setiap single mereka. 

"Tantangan terbesar mengatur waktu untuk bisa workshop lagu & membuat musik video bersama-sama, mengingat selain punya kesibukan masing-masing, juga sehari-hari dua personil tinggal di Jakarta, dan 3 personil tinggal di Yogyakarta," cerita Heru. 

Lain lagi dengan Trita yang mengaku bahwa tantangan terbesar adalah soal chemistry dalam bermusik. "Menyamakan update gaya bermusik, groove dan keserasian / harmoni," tegasnya. 

 

 

3. Visual Lucu dan Kreatif

Yang tidak kalah menarik penggambaran visual lagu ini melalui Music Video berkonsep 90s Rock Band yang lucu dan menyemangati. Bisa dilihat dalam video di bawah ini, nuansa rock 90-an begitu kental dari jaket kulit, jeans, dan kacamata aviator. Visual tersebut dipadukan dengan sketsa-sketsa keseharian yang bertujuan memberi semangat masyarakat dalam menjalani keseharian.  

Lagu ini sangat pas didengarkan dalam segala suasana. Terutama ketika Klovers sedang melakukan aktivitas tertentu. "Beatnya enak buat menemani berolah raga. Senam, joging, running, bersepeda dan lainnya," saran Dedhi. Nah tunggu apa lagi, simpan video di atas dalam hape kamu dan dengarkan sebagai teman beraktivitas kalian.  

 

 

4. Lagu-Lagu Berlirik Positif

Sebelumnya, Poesar Bumi menggarap single mereka dalam balutan irama pop. Single Hidup Begitu Indah mereka pilih untuk menghadirkan suasana positif dan harapan di tengah masyarakat yang masih mengalami suasana banyak menahan diri dan berhati-hati di masa pandemi sekarang ini. 


 

 

 

(kpl/dka)