Perjalanan Panjang dan Penuh Lika-Liku Eirene Rilis Album Perdana

Penulis: Guntur Merdekawan

Diperbarui: Diterbitkan:

Perjalanan Panjang dan Penuh Lika-Liku Eirene Rilis Album Perdana Eirene / Credit: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Untuk mendapatkan hasil terbaik, tentunya butuh sebuah proses, seperti yang dialami Eirene kala menggarap album perdananya. Berbagai kendala dan kesulitan banyak dilalui, termasuk ketika menyiapkan materi.


Sejak pertengahan 2017 setelah merilis single Epilog, Eirene telah mencoba untuk mencicil materi lagu untuk direkam dalam album perdananya. Sayangnya, proses pengerjaan harus tertunda dari target semula karena karena kesibukan masing-masing personel.


Memasuki awal 2018, Eirene kembali merombak ulang jadwal rekaman dan workshop untuk mematangkan materi album. Di sela-sela kesibukan para personelnya, Eirene bertemu dengan pihak Kolase.com, sebuah website crowdfunding yang bergerak di bidang industri musik. Kerja sama dengan Kolase membuka peluang Eirene untuk bisa merealisasikan album perdananya.


"Sejujurnya, selain karena kesibukan individu personil, perihal budget untuk memproduksi album juga cukup besar," ujar Rian, bassist Eirene.


Eirene / Credit: Dokumentasi PribadiEirene / Credit: Dokumentasi Pribadi


Berkat kolaborasi dengan Kolase, masalah keuangan Eirene terpecahkan lewat sistem 'patungan' alias crowdfunding. Setelah bekerja sama dengan Kolase, Eirene pun mulai melakukan sesi rekaman di beberapa studio rekaman yang berada di Jakarta, Bandung dan Bogor untuk mendalami workshop dan mematangkan materi. Dan permasalahan baru pun muncul.


"Kami masih terlalu sibuk dengan kegiatan dan pekerjaan individu, selain itu ada beberapa masalah teknis dengan vendor tempat kami produksi, sehingga sempat ada keterlambatan. Untungnya sekarang semua paket album sudah diterima dan semua yang telah memesan merasa puas," tutur Faisalt.


Cobaan untuk Eirene ternyata masih berlanjut setelah album rilis. Eirene harus kehilangan Orico, drummer yang memberik kontribusi cukup besar untuk materi-materi yang ada di album perdana Eirene. "Karena satu dan lain hal, Orico memutuskan untuk tidak bisa bekerja sama lagi dengan Eirene. Kami menghormati apapun keputusan Orico," tutur Boniex.


"Meskipun berat, tetapi Eirene akan terus berjalan untuk mempromosikan album perdana Eirene ini," tambah Faisalt.


Album Eirene yang dibuat setelah melewati berbagai kendala ini sekarang sudah bisa dinikmati secara eksklusif atau hanya bisa didengarkan selama satu bulan pertama lewat aplikasi musik streaming Joox.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/pur/gtr)

Reporter:

Mathias Purwanto

Rekomendasi
Trending