Peringati Hari Kartini, Aurelie Moeremans hingga Astrid Sartiasari Kolab di Project Terbaru Trah yang Bertajuk 'Perempuan'

Penulis: Guntur Merdekawan

Diterbitkan:

Peringati Hari Kartini, Aurelie Moeremans hingga Astrid Sartiasari Kolab di Project Terbaru Trah yang Bertajuk 'Perempuan'
Project terbaru TRAH untu k Hari Kartini (Credit Foto: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Project kolaboratif non komersial, TRAH selalu menghadirkan karya-karya baru di hari Nasional. Kini, gerakan yang digawangi oleh sekumpulan seniman berbakat itu kembali merilis sebuah karya untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024. Lagu itu bertajuk Perempuan.

Lagu ini dibawakan oleh sederet penyanyi wanita Indonesia populer, seperti Cita Rahayu, Tika Bisono, Astrid Basjar, Aurelie Moeremans, Virza Oreel, Syanell dan Nindi Azmey. Perempuan sendiri merupakan karya cipta dari Cita Rahayu, Mahardhika Soekarno dan Trio Wijaya.

Lagu Perempuan diciptakan sebagai bentuk apresiasi kepada perempuan Indonesia masa kini dalam hal kesetaraan untuk melakukan sebuah gerakan nyata, bebas berkarya, mewujudkan mimpinya, menyampaikan ide-ide kreatifnya, menyuarakan hasil pemikirannya yang bermanfaat serta menyumbang prestasi untuk Indonesia di segala bidang.

1. Antusiasme Para Musisi untuk Bergabung

Nanda Persada sebagai salah satu inisiator TRAH memiliki pengalaman yang berkesan saat mengajak beberapa penyanyi untuk ikut bergabung di projek ini. Di luar dugaan banyak yang antusias dengan projek ini dikarenakan tema, lirik dan aransemen musiknya yang oke dan menyentuh.

"Terharu sekali ternyata masih banyak seniman musisi di Indonesia yang hatinya cinta merah putih, suka rela berpartisipasi tanpa ada unsur komersial," ujar Nanda Persada.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Sisipkan Potongan Lagu Melati Suci

Untuk menguatkan tema, terdapat kejutan kecil yaitu menambahkan potongan lagu Melati Suci karya Guruh Soekarno Putra pada bagian akhir lagu.

"Sungguh suatu kehormatan dan membuatku terharu bisa membawakan Lagu Perempuan ini," ujar Tika Bisono.

Dalam Musik Videonya sendiri, terlihat cuplikan para perempuan Indonesia yang berjuang dalam segala aspek kehidupan. Ada juga adegan berdoa dan menabur bunga di makam Almarhumah Ibu Fatmawati Ibu Negara pertama yang menjahit Bendera Merah Putih.

Mahardhika Soekarno yang jadi produser, composer, music director dan arranger pada lagu ini mengajak teman-teman musisi lainnya yang tergabung di 45Movement untuk mengisi part musik di lagu Perempuan.

45Movement adalah sebuah rumah rekam atau wadah bagi para musisi yang ingin memproduksi sebuah karya musik dengan sistem gotong royong, dimulai dari pembagian royalti untuk pencipta lagu dan siapa pun yang terlibat dalam proses produksi dengan pembagian yang berbeda dengan label pada umumnya demi mensejahterakan para seniman.

3. Tentang TRAH

TRAH merupakan sebuah gerakan, projek kolaboratif non komersial secara sukarela dari sekumpulan seniman dengan tema kebangsaan dengan menjadikan Nasionalisme sebagai lifestyle melalui media seni musik. Sejauh ini, TRAH mengeluarkan karya-karya nya di hari-hari nasional yang menjadi momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Harapannya, karya-karya mereka bisa jadi inspirasi bagi anak bangsa untuk saling mengingatkan sejarah dan menambah kecintaan terhadap Tanah Air. Karya-karya TRAH sebelumnya antara lain; Untuk Indonesia Raya, Sumpah Pemuda, Pancasila dan Nusantara.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/aal/gtr)

Reporter:

Sahal Fadhli

Rekomendasi
Trending