Pepep dan Indra ST12 Kenalkan Band Barunya yang Bernama Sisi Lain, Gaet Seorang Vokalis Cantik Belia Penuh Talenta

Selasa, 23 Agustus 2022 23:33  | 

Pepep ST12



Sisi Lain, alter ego dari Pepep dan Indra ST12 / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Posisi vokal ST12 saat ini sedang kosong, di mana tersisa Pepep (drum) dan Indra (bass) saja yang tetap bertahan. Nah belum lama ini, duo itu baru saja mengumumkan sebuah nama penyanyi baru, yakni Tania Mona. Apakah dia yang bakal mengisi kursi kosong vokalis ST12?

Ternyata jawabannya: bukan! Tania diplot sebagai vokalis dari band bernama Sisi Lain, yang baru saja dibentuk oleh Pepep dan Indra, tepatnya pada 8 Agustus 2022 lalu. Berbeda dengan ST12, Sisi Lain menghadirkan musik ala anak senja, yakni folk.

Sebuah single perdana pun sudah dirilis Sisi Lain, yakni Ilusi Tuk Menghibur Diri. Video lirik dari lagu tersebut sudah dirilis sejak 12 Agustus 2022 lalu di channel Youtube, sementara video musik resminya dirilis 9 hari setelahnya.

Seperti apa sih kisah pertemuan Pepep, Indra dan Tania? Intip fakta-fakta band Sisi Lain yang perlu kamu tahu berikut ini..

 

1. Alter Ego Pepep dan Indra

Tak bisa dipungkriri jika Pepep masih terngiang-ngiang memori indah ketika membentuk ST12 dahulu kala. Namun menurutnya, ada satu hal yang membuat Sisi Lain jauh berbeda dari ST12.

"Band ini mengingatkan saya ketika menggagas ST12 sekitar 17 tahun lalu. Keduanya saya buat dengan konsep kuat dan strategi terarah. Bedanya, ST12 sebagai pelopor musik melayu, sementara Sisi Lain lahir dari konsep pemikiran musik folk yang lebih kekinian," jelas Pepep.

Artinya, band ini merupakan alter ego Pepep dan Indra dari sudut pandang musikalitas. "Ini sisi lain bermusik duo personel ST12 dengan vokalis yang representatif,” tambahnya.

 

2. Manifestasi Kreatifitas yang Tak Bisa Dituangkan di ST12

Sisi Lain, sambung Pepep, merupakan akumulasi curahan segudang kreatifitas bermusiknya yang tidak mungkin direalisasikan di ST12. Munculnya Tania sebagai perwakilan Gen Z juga semakin mengobarkan manifestasi musikal Pepep dan Indra di wadah baru dengan warna kekinian.

"Begitu saya dengarkan karya Sisi Lain ke teman-teman, hampir semuanya kaget. Apa yang disuguhkan di band ini, betul-betul keluar dari warna ST12. Baik untaian lirik, alunan nada, maupun ketukan drumnya, sangat berbeda," papar pemilik nama lengkap Ilham Febri ini.

Menyamarkan rutinitas ke hal yang baru, diakui Pepep bukanlah perkara mudah. "Memainkan musik tanpa terkontaminasi karakter ST12, indikasi sebuah profesionalisme dan totalitas seniman. Biasanya direct vokalis cowok, kini harus menyelaraskan dengan vokalis cewek masih belia, dan belum pernah jajal industri rekaman," imbuh ayah 4 anak ini.

 

3. Buang Jauh Lirik 'Receh'

Genre musik folk yang dihadirkan Sisi Lain memang sengaja untuk menyasar penikmat musik milenial. Bahkan, lirik dan lagu yang diciptakan pentolan ST 12 ini juga keluar dari zona 'receh' atau mainstream. Belum lagi ada warna vokal Tania yang bisa menghadirkan keteduhan mendalam.

"Frasa dan diksi yang saya pilih, boleh jadi jarang ditulis songwriter lain. Meski bertema galau, ketika Tania yang nyanyi bisa membuat pendengarnya jatuh cinta," imbuh Pepep.

4. Sisi Lain Menemukan Tania, Audiensi tanpa Audisi

Tania Mona Pitaloka, demikian nama lengkap vokalis Sisi Lain. Hal yang menarik jika dihubungkan dengan kebiasaan Pepep dalam mengaudisi calon vokalis ST12, di mana Ia bisa langsung klop dengan begitu cepat.

"Kalau di ST12, saya biasa menyeleksi puluhan hingga ratusan orang. Entah mengapa, itu tidak terjadi ketika pertama bertemu Tania. Saya melihat anaknya, lalu menyaksikan cara bernyanyinya, dan mengamati attitude dia. Saya yakin, ini yang kami cari," kenang Pepep.  

Sebagai informasi tambahan, Tania merupakan dara kelahiran 22 Juli 2003. Adik dari model dan pesinetron Dhara Shang itu dikaruniai talenta vokal luar biasa meski masih newbie di industri rekaman.

"Setahu saya, Tania tidak pernah les vokal atau sejenisnya. Namun, dia punya feel dan karakter kuat dalam menjiwai lagu. Tania juga aktif bertanya jika belum memahami sesuatu. Adaptasinya juga cepat. Bahkan saat rekaman, almost one take ok," jelas Pepep menggambarkan putri bungsu pasangan Noviyanto dan Tati Rachmawati tersebut.

 

5. Jalur Indie

Sisi Lain sendiri bakal berjalan dalam jalur indie. Semua hal terkait pembuatan karya, proses rekaman hingga promosi dilakukan sendiri oleh Pepep dan segelintir timnya.

"Semua kami kerjakan sendiri. Mulai dari pembuatan video musik, saya yang menyutradarai. Sementara Indra sebagai video editor dan graphic design. Seluruh lirik dan aransemen musik kami kerjakan di studio 12 Bandung. Untuk recording engineered serta mixing dan mastering dibantu sama Ikhsan Rizaldy, Sisi Lain juga bernaung di ST12 Management," lontarnya.

Kebebasan ekspresi bermusik Sisi Lain tetap ramah dengan algoritma dan referensi situs agregator dalam industri musik digital. ST 12 Management menggandeng Euphoria sebagai executive producer sekaligus partner yang mendistribusikan seluruh karya musik Sisi lain ke berbagai platform digital di seluruh dunia.

Bahkan Selain Indonesia, lagu Ilusi Tuk Menghibur Diri dan track lain dari Sisi Lain akan diedarkan juga di Hongkong, Singapore, Jepang, hingga Korea.

 

(kpl/gtr)