Pengamat Musik: Penjualan Fisik Indie Label Bertahan di 2014

 |  Kamis, 02 Januari 2014 13:50
Pengamat Musik: Penjualan Fisik Indie Label Bertahan di 2014
Ilustrasi @foto: KapanLagi.comĀ®
Kapanlagi.com - Mesin perilis karya para musisi nasional diramalkan terus bekerja dengan baik pada tahun 2014 ini, hanya saja penjualan fisik masih jalan di tempat. Bahkan jika kondisi demikian terus menerus maka satu per satu tempat penjualan konvensional akan tiarap.

"Sayang ya penjualan CD untuk nama-nama baru masih statis, sama seperti lima tahun terakhir. Kecuali untuk nama-nama besar tertentu, masih meraih penjualan CD yang lumayan baik. Yang menyedihkan, penjualan CD di toko konvensional akan semakin terpuruk," terang Budi Ace kepada KapanLagi.comĀ®, Selasa (31/12).

Kendati begitu, pengamat musik ini melihat penjualan fisik justru mengalami perkembangan di outlet tertentu dibandingkan toko konvensional. Apalagi bila dalam bentuk bundling. Hal ini cukup menguntungkan bagi para pihak.

"Penjualan fisik di tahun 2014 hanya meningkat pada outlet modern (KFC, Indomaret dll) dan hanya pada nama-nama besar band maupun solis. Para pendatang baru tetap tak bergeming kecuali ada single hit yang unik dan istimewa," tutur wartawan musik senior yang tetap sedih lantaran pembajakan dalam berbagai bentuk tetap merajalela di tahun-tahun mendatang.

"Sementara di penjualan outlet konvensional tetap tak ada peningkatan yang signifikan. Malah, bakal banyak outlet konvensional yang tutup. Yang bertahan normal justru penjualan dalam pola indie label," tambahnya.

MUSIC BY NUMBERS

8 Cover Album Pria Gagal Seksi Yang Berakhir Konyol!

5 Momen Memalukan di Dunia Musik Tahun 2013

5 Lagu Kesukaan David Beckham, Intip Yuk!

7 Gadis Seksi di Sekitar One Direction Sepanjang 2013

8 Musisi Hebat Yang Meninggal di 2013

(kpl/rod/dis/adb)


Lihat Arsip Musik

- - -