Pedangdut ini Himbau Masyarakat Pelajari Langkah Awal Hadapi Gempa

Sabtu, 13 Oktober 2018 13:22


Bella Nafa © Kapanlagi/Mathias Purwanto

Kapanlagi.com - Masih diwarnai keprihatinan akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, beberapa waktu lalu, Indonesia kembali diguncang gempa. Belum lama ini gempa bumi berkekuatan 6,4 SR mengguncang Situbondo serta kawasan Jawa Timur yang terasa hingga ke Bali. Tiga orang meninggal akibat gempa ini.

Keprihatinan pun kembali dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali pedangdut cantik asal Sukabumi, Bella Nafa. Ia mengaku sedih mendengar kabar adanya korban meninggal akibat gempa yang mengguncang kawasan Jawa Timur.

"Kemarin (gempa Palu – Donggala), sekarang Situbondo dan Bali. Yang saya ketahui terdapat korban jiwa. Yang kemarin traumanya juga belum hilang," kata Bella saat ditemui di Kawasan Jakarta Selatan belum lama ini.

(kpl/pur/frs)

1. Berikan Bantuan

Sebagai sesama manusia dan juga warga negara Indonesia, pelantun lagu Aku Cape Yank ini juga sempar memberikan bantuannya kepada korban gempa. Selain bantuan materil yang diberikan, ia juga meminta kepada masyarakat Indonesia untuk terus berdoa. Ia pun berharap pemerintah cepat tanggap memberikan perhatian dan bantuan kepada korban gempa.

"Ya, ini kan musibah, dan tak bisa diprediksi. Saya percaya pemerintah cepat tanggap dalam hal ini. Jaraknya cukup dekat ya antara gempa tsunami Palu dengan Situbondo – Bali," ucap penyanyi yang berada di bawah naungan 1Nusa Record itu.

Meski belum pernah merasakan langsung, Bella mengaku telah mempelajari langkah-langkah menyelamatkan diri saat gempa. Ia banyak membaca dari internet dan juga melihat beberapa himbauan dari Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB).

2. Tidak Panik Saat Gempa

"Saat terjadi gempa, kalau kita lagi ada di dalam ruangan sebaiknya jangan panik dan segera mencari tempat perlindungan seperti di bawah meja. Dan kalau kita sedang berada di luar, sebaiknya menjauh dari bangunan," tutur Bella.

Gempa yang mengguncang Situbondo dan kawasan Jawa Timur lainnya kemarin juga sempat membuat masyrakat resah. Untuk itu, ia berharap masyarakat tidak panik dan sama-sama berdoa agar tak ada lagi musibah yang mengguncang Indonesia.

(kpl/pur/frs)