November, Arreal Tilghman Rilis Album Dangdut di AS

Darmadi Sasongko  |  Sabtu, 13 September 2008 08:18

  • November, Arreal Tilghman Rilis Album Dangdut di AS
    Arreal Tilghman
Kapanlagi.com - Arreal Tilghman menjadi warga Amerika Serikat pertama yang menyanyikan lagu dangdut, setelah terpilih sebagai juara di ajang kompetisi Dangdut in America yang digelar di negaranya tahun lalu.

"Saya suka semua jenis musik, tetapi dangdut benar-benar istimewa. Semua orang menyanyi jazz, blues, pop, dan rock, tidak ada yang menyanyi dangdut. Setelah saya ikut kompetisi ini, saya menjadi sangat tertarik untuk menjadi bintang dangdut," kata Arreal kepada wartawan di kediaman Ketua DPR RI Agung Laksono, di kawasan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Jumat (12/9).

Arreal mengaku berada di Indonesia untuk pembuatan album dangdut debutnya, yang akan diluncurkan di Amerika Serikat dan Indonesia. Album tersebut berisi delapan lagu, dua di antaranya berbahasa Inggris, penggarapan album dangdut Arreal Tilghman memakan waktu tidak terlalu lama, praktis hanya dua minggu.

"Kemungkinan bulan November mendatang sudah beredar," katanya.

Kedatangan penyanyi berkulit hitam asal Delaware, Philladelphia, AS ini digagas oleh promotor Rissa Asnan, ketua dan pendiri NSR Productions LLC, selaku penyelenggara Dangdut in America dengan dukungan PAMMI (Persatuan Artis dan Musisi Melayu Indonesia).

Rissa mengatakan, Arreal terpilih dari 90 peserta kompetisi karena dinilai terbaik dan paling nekat. "Ada beberapa yang masuk kategori terbaik, tetapi Arreal adalah yang ternekat. Karena itu kami memilih dia," katanya.

Trie Utami, penyanyi pop/jazz yang terkenal dengan sebutan Mrs Pitch Control di ajang KDI (Kontes Dangdut TPI) membantu proses pembuatan album DANGDUT IN AMERIKA, sebagai guru vokal Arreal.

Menurut Arreal, yang mengaku mengidolakan Rhoma Irama, Elvi Sukaesih dan Meggy Z, seumur hidup baru pernah mengalami 'takut' saat mendapat pengarahan cara menyanyi dari orang lain.

"Ibu ini guru yang sangat galak. Saya sampai berkeringat dibuatnya," katanya sambil tertawa lebar menunjuk pada Mbak Iie.

Menjawab pertanyaan wartawan, Mbak Iie mengatakan bahwa Arreal memiliki basis musik hitam (black music) dan persilangan yang dilakukannya dengan musik dangdut akan menjadi sesuatu yang baru dan unik.

"Selama ini kan kita (musisi Indonesia) yang menyanyikan lagu asing dengan gaya Indonesia. Sekarang ini, dia (Arreal) menyanyikan musik kita (dangdut) dengan gayanya. Ini sesuatu yang baru," katanya.