Nia Zulkarnaen: Lagu Gesang Itu Abadi

Mahardi Eka  |  Jumat, 21 Mei 2010 21:36
Nia Zulkarnaen: Lagu Gesang Itu Abadi
Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Foto: Ruswanto

Kapanlagi.com - Meninggalnya sang maestro keroncong tanah air, Gesang, Kamis (20/05), tak pelak membuat banyak orang merasa kehilangan. Jasa beliau dalam mengembangkan musik keroncong amatlah besar. Sempat dikabarkan membaik kondisinya, Gesang akhirnya menutup usia di umur 92. Kabar tersebut sontak membuat banyak orang kaget, termasuk di antaranya Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen yang pada saat itu sedang melakukan launching Komik TANAH AIR BETA.

"Saya memang nggak kenal dengan beliau, bertemu langsung juga belum pernah. Tapi saya ini kan penyanyi juga ya, siapa sih penyanyi Indonesia yang belum pernah menyanyikan lagu Bengawan Solo," tutur Nia saat ditemui di Planet Hollywood, Kamis (20/05). Nia mengaku bahwa dirinya pernah menyanyikan lagu ciptaan Gesang tersebut pada acara kenegaraan.

Lagu-lagu beliau (Gesang) itu abadi. Liriknya nggak seragam. Punya warna tersendiri. Nggak seperti lagu-lagu jaman sekarang yang kebanyakan seragam,
Nia Zulkarnaen
 

Mendengar kabar sedih ini, Nia mengutarakan harapannya supaya di masa mendatang akan ada generasi penerus yang bisa meneladani komposer-komposer besar seperti Gesang, Ismail Marzuki, ataupun AT Mahmud. "Lagu-lagu beliau itu abadi. Liriknya nggak seragam. Punya warna tersendiri. Nggak seperti lagu-lagu jaman sekarang yang kebanyakan seragam," ucap Nia.

"Dia menciptakan sesuatu yang sampai kapan pun tidak akan pernah dilupakan orang. Bahkan karyanya sudah dikenal sampai Jepang juga," tambah Ari.        (kpl/ato/dka)

Lihat Arsip Musik

- - -