5 Musisi Indonesia yang Sukses Berkarir di Kancah Internasional, Ada yang Jadi Member K-Pop!

Sabtu, 10 Juli 2021 15:10  | 

Anggun



https://www.instagram.com/secretnumber.official/?hl=id

Kapanlagi.com - Persaingan dalam hal entertain bukanlah hal yang mudah. Beberapa artis bahkan menghilang tidak lama setelah mereka populer. Namun beberapa di antaranya berhasil bahkan sampai ke kancah internasional. Hal ini juga terjadi dalam dunia musik. Beberapa musisi tidak ragu untuk mengejar mimpi mereka untuk sampai dalam dunia internasional.

Kerja keras tidaklah cukup dalam mewujudkan mimpi tersebut. Dukungan dan keberuntungan juga berperan penting dalam hal itu. Menandatangani kontrak dengan label musik, menjadi terkenal, dan musiknya didengarkan oleh banyak orang, siapa penyanyi yang tidak mau hal tersebut?

Berikut merupakan contoh beberapa musisi yang berhasil melewati rintangan dan kini berkarir di kancah internasional.

 

 

1. Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi merupakan nama yang tidak asing di dunia permusikan Indonesia. Setelah merilis album pertamanya pada tahun 1986, Anggun meraih popularitas dengan cepat setelah merilis lagunya “Mimpi” pada tahun 1989. Anggun menjadi salah satu penyanyi paling populer pada masanya.

Pada tahun 1994, Anggun meninggalkan Indonesia untuk mencari panggung yang lebih luas. Ia debut dengan album internasional pertamanya pada tahun 1997. Album yang berjudul Snow on Sahara ini dirilis di 33 negara dan berhasil menjadikan Anggun sebagai musisi internasional. Ia telah mendapat berbagai macam penghargaan, salah satunya adalah World’s Best Selling Indonesian Artist yang didapat dari World Music Award.  Selain merilis album, ia juga menjadi juri untuk Asia’s Got Talent pada tahun 2015.

 

 

2. Agnez Mo

Saat membicarakan tentang musisi Indonesia yang go international, pasti nama pertama yang muncul dalam benak banyak orang adalah Agnes Monica atau yang kini lebih dikenal dengan nama panggung Agnez Mo. Ia telah memulai karir bermusiknya di Indonesia sejak masik kanak-kanak. Ia benar-benar serius dalam menjalani karir bermusiknya, dibuktikan dengan bagaimana ia menggandeng beberapa musikus ternama Indonesia dalam menggarap album dewasanya yang berjudul And the Story Goes pada tahun 2003.

Agnes mulai menjadi sorotan publik internasional sejak dirinya ditunjuk menjadi salah satu pembawa acara di American Music Awards pada tahun 2010. Passion-nya terhadap musik membuatnya terus maju hingga ia dapat merilis album internasionalnya pada tahun 2017. Album tersebut bukanlah percobaan pertamanya dalam upaya go international dari pelantun Long As I Get Paid tersebut. Sebelumnya Agnes pernah merilis album berbahasa Inggris pada tahun 2013 dan merilis lagu berjudul Coke Bottle untuk debut internasionalnya pada tahun berikutnya.

 

 

3. Rich Brian

Nama Rich Brian melambung tinggi semenjak musik videonya yang berjudul Dat $tick menjadi viral dan banyak diperbincangkan di internet. Beberapa rapper asal Amerika Serikat, salah satunya Ghostface Killah, juga sempat mengunggah video reaksi mereka dari lagu tersebut. Tidak lama setelah popularitasnya naik, Rich Brian langsung menandatangani kontrak dengan salah satu label asal Amerika yang banyak menaungi artis Asia, yaitu 88rising.

Setelah resmi menandatangani kontrak dengan agensi barunya, Rich Brian pindah ke Amerika pada tahun 2017. Pada akhir tahun 2017, ia mengumumkan bahwa album pertama akan dirilis. Di tahun berikutnya, ia resmi merilis album debutnya berjudul “18” serta mengganti nama panggungnya dari Rich Chigga menjadi yang sekarang lebih dikenal, Rich Brian. Selama meniti karir musiknya, ia telah berkolaborasi dengan banyak musisi kenamaan, seperti Kris Wu, Chungha, dan Jackson Wang.

 

 

4. Stephanie Poetri

Perempuan kelahiran 2000 ini awalnya lebih dikenal sebagai putri dari salah satu diva Indonesia, Titi DJ. Sering muncul di layar TV sejak kecil membuat Stephanie tidak asing bagi sebagian besar orang. Namanya kembali menarik perhatian publik saat ia, bersama band Goodbye Felicia, dipercaya untuk mengisi soundtrack pada film sekuel ADA APA DENGAN CINTA pada tahun 2016.

Pada tahun 2019, sebuah musik video dengan judul I Love You 3000 menarik perhatian netizen. Lagu yang dirilis Meni, panggilan akrab Stephanie, itu merupakan lagu yang dibuat dengan referensi yang tertuju pada film superhero populer yang juga dirilis pada tahun tersebut, AVENGERS: ENDGAME. Sama dengan Rich Brian, sesaat setelah musik videonya viral, ia menandatangani kontrak dengan label rekaman 88rising. Stephanie masih aktif dalam karir bermusiknya dengan 88rising hingga sekarang.

 

 

5. Dita Karang

Nama Dita Karang sempat menghebohkan para penggemar Kpop di Indonesia beberapa saat lalu saat sebuah teaser dari musik video berjudul "Who Dis?" memperlihatkan seorang gadis kelahiran Yogyakarta pada tahun 1996 sebagai salah satu penyanyinya. Dita Karang merupakan salah satu anggota dari girl group asal Korea Selatan bernama Secret Number yang resmi debut pada tahun 2020. Menjadi satu-satunya anggota berkewarganegaraan Indonesia, Dita juga merupakan wanita Indonesia pertama yang berhasil debut sebagai Idol Kpop, setelah sebelumnya Loudi yang menjadi Idol Kpop pria pertama asal Indonesia.

Dita mengaku bahwa ia telah bercita-cita untuk menjadi Idol Kpop semenjak kecil, dan ia telah berjuang untuk mewujudkan mimpinya. Ia melanjutkan pendidikannya di American Musical and Dramatic Academy di New York, Amerika Serikat, sebelum datang ke Korea untuk mengikuti audisi. Ia juga sempat tergabung dalam 1MILLION Dance Studio, sebuah komunitas menari yang populer di Korea Selatan.

Nah, di atas merupakan beberapa musisi Indonesia yang berhasil berkarir dalam kancah internasional. Apakah KLovers adalah penggemar dari salah satunya? Kalian bisa tuliskan jawaban di bawah!

 

Berita ini ditulis oleh: Salmaa Fadh

 

dita karang

Curhatan Dita Karang Soal Tantangan Terbesar Jadi Idol Kpop di Ideafest 2020, Dari Culture Shock - Hadapi Haters

Dita Karang Ungkap Perjuangan Sulit Sebelum Debut Jadi Idol di Ideafest 2020, Cari Beasiswa - Ditolak Audisi

Baru 4 Bulan Debut, Ini Sederet Kemajuan Karir Dita Karang SECRET NUMBER

Dita SECRET NUMBER Terpilih Jadi Dancer Terbaik Versi Idol Champ, Kalahkan Kai EXO dan Lisa BLACKPINK

Dita Karang SECRET NUMBER Terpilih Jadi Model untuk Kosmetik Korea Selatan

 

 

(kpl/mag)