'MINOR 7', Album Debut Skastra Yang Penuh Eksplorasi

Penulis: Girindra Permana Cahya

Diterbitkan:

'MINOR 7', Album Debut Skastra Yang Penuh Eksplorasi Skastra

Kapanlagi.com - Untuk kalian yang memang doyan dengan musik-musik steady, rasanya nama Skastra bisa menjadi salah satu alternatif untuk disimak. Band yang terbentuk di pelataran kampus UI, Depok, pada Oktober 2015 tersebut baru saja merilis single berjudul Delusi.


Kiranya single tersebut bisa disebut menjadi 'pemanasan' untuk mereka sebelum merilis album penuh perdana yang bakal diberi tajuk MINOR 7. Skastra telah menyiapkan 8 lagu berbahasa Indonesia ditambah dengan 1 lagu instrumental sebagai playlist dalam album ini.


Beberapa playlist yang patut disimak antara lain adalah Hilang Asa dan Rumah. Dua lagu tersebut dibalut dengan ketukan santai rock steady serta liukan nada-nada yang jazzy.


Berbeda lagi jika bicara lagu bertajuk Seratus Persen dan Lagi-Lagi. Keduanya mencampurkan permainan gitar dengan 'kocokan' ala ska dengan musik beraroma swing yang kental.



Nggak cuma itu, Skastra juga menyajikan persilangan antara hentakan one drop dan centilnya petikan bass keroncong juga disajikan pada album ini. Eksplorasi tersebut bercampur di lagu berjudul Kembang Gula.


Hanung, keyboardist dari Skastra berbicara tentang latar belakang dibuatnya album bertajuk MINOR 7 ini. "Ska itu tergolong musik yang udah tua ya? Karena itu kami mencoba mengkreasikan ulang musik ska supaya bisa terasa fresh dan seksi lagi, khususnya buat pendengar muda."


"Dalam proses kreatifnya kami banyak terinspirasi dari band-band ska yang berkembang di Jepang, kayak Miceteeth dan Tokyo Ska Paradise. Mereka itu banyak mencampur ska dengan jazz, jadi nggak terpaku sama ska tradisional Jamaika atau ska-punk Inggris aja. Semangat eksplorasi genre itu sih yang kita angkat dan kita terapkan dalam pembuatan lagu-lagu Skastra," papar Adin, sang gitaris, menambah informasi Hanung.


Album MINOR 7 sendiri diproduksi di bawah label rekaman Lisan Recrod. Nantinya album ini akan dikemas dalam bentuk fisik (CD) dan digital. Untuk tanggal peluncurnannya, MINOR 7 akan dikenalkan pada publik dalam acara Mondo by the Rooftop yang akan digelar pada Kamis, 18 Mei 2017 mendatang di Jakarta.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/otx)

Rekomendasi
Trending