Mengharukan, Begini Cerita di Balik Lagu 'Kupu-Kupu Malam' Milik Titiek Puspa

Natanael Sepaya  |  Selasa, 05 Desember 2017 11:22
Mengharukan, Begini Cerita di Balik Lagu 'Kupu-Kupu Malam' Milik Titiek Puspa
Titiek Puspa © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Bisa jadi tidak ada yang mengira jika Titiek Puspa memiliki cerita tersendiri di balik salah satu lagu hitsnya, Kupu-Kupu Malam, yang populer di tahun 1977. Yap, nyatanya lagu tersebut merupakan kisah nyata yang dijadikan lagu oleh penyanyi berusia 80 tahun itu.

Penyanyi yang akrab disapa Eyang Titiek itu mengaku jika pada saat itu dirinya bertemu langsung dengan seorang wanita malam dengan profesinya sebagai PSK. Lalu karena melihat wanita itulah Titiek Puspa pun menuangkan kisahnya pada lagu Kupu-Kupu Malam.

Titiek Puspa akui jika inspirasi lagu 'Kupu-Kupu Malam' berasal dari pengalaman nyata yang ia temui langsung © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaTitiek Puspa akui jika inspirasi lagu 'Kupu-Kupu Malam' berasal dari pengalaman nyata yang ia temui langsung © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Seorang istri yang ditinggal suaminya. Dia banyak hutang, nggak bisa bayar, harus dengan tubuhnya. Dia ketemu saya, dia nangis karena, 'itu bukan pekerjaan saya," kisah Titiek Puspa di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).

Setelah bertemu, bersama Titiek Puspa wanita malam itu lantas berdoa bersama-sama. Dengan iman dan kepercayaan masing-masing, Titiek Puspa pun ikut mendoakan agar perempuan tersebut bisa keluar dari lembah kelam yang membelenggu kehidupannya.

"Dia pakai Kristen, aku Islam. Kita berdoa sama-sama, lama, berdoa sampai makin kencang teriak. Dia bilang Yesus Kristus, aku Gusti Allah. Udah aku bilang, 'kamu keluar lewat jalan kanan, jangan kiri'," katanya.

'Kupu-Kupu Malam' jadi salah satu lagu hits Titiek Puspa sampai pada hari ini © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya'Kupu-Kupu Malam' jadi salah satu lagu hits Titiek Puspa sampai pada hari ini © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Melalui pertemuan singkat itulah yang kemudian membuat Titiek Puspa secara spontan menuliskannya pada lirik lagu Kupu-Kupu Malam. Hasilnya, lagu tersebut meledak di pasaran. Bahkan, tidak sedikit radio yang memutar atau orang-orang yang masih menyanyikan lagu Kupu-Kupu Malam sampai hari ini.

"Saya ngarang itu nggak bisa. Tapi saya bisa nulis dari apa yang saya lihat. Alhamdulillah seminggu kemudian anak itu dapat jodoh, dikenalin ke saya," tandasnya.

Yakin Sudah Baca Yang Ini?

Resep Cantik Titiek Puspa: Dandan Sendiri Pakai Bulu Mata Cetar

Cerita Titiek Puspa Sembuh Dari Kanker Dengan Cara Meditasi

Titiek Puspa Pilih Pakai Popok Untuk Lansia Ketika ke Mall

Didukung Titiek Puspa, Penyanyi Ini Langsung Bikin 3 Lagu Baru

Main Film Perdana, Ian Kasela: Ini Film Didi Petet Sebelum Wafat

(kpl/far/ntn)



Lihat Arsip Musik

- - -