'Menganggur' Jadi Rahasia Hasilkan Banyak Karya, Iksan Skuter: Masa Musisi Mau Ngelamar Jadi Anggota Partai?

Kamis, 14 Januari 2021 17:46


©Srawung Media

Kapanlagi.com - Iksan Skuter terkenal dengan lagu-lagunya yang sarat dengan kritik sosial. Liriknya yang nyleneh dan terdengar menggelitik membuat lagu yang ia bawakan selalu melekat kuat di telinga pecinta musik tanah air. Nah, kabar gembira datang dari Ikhsan.

Dalam waktu dekat ini, musisi asal Kota Malang tersebut akan merilis sebuah album bertajuk Orbit. Album ini sebenarnya telah tersusun sejak tahun 2020 lalu. Sayangnya, karena satu dan lain hal, Iksan terpaksa mengundur jadwal perilisan Orbit. Di tahun 2020 sendiri, Iksan juga telah merilis dua buah album yaitu Codx dan Selera Nusantara.

"Pembuatan album Orbit sebenarnya di tahun 2020, cuma rilisnya di 2021. Andaikata waktu itu sesuai planning, yo rilisnya Desember. Molor, adanya pertimbangan ini-itu, akhirnya dirilisnya pada 2021," tutur Iksan dalam wawancara eksklusif bersama Srawung Media pada Rabu (13/1/2021).

 

 

1. Rahasia Produktivitas

Melihat jumlah album yang ia hasilkan selama satu tahun, Iksan bisa disebut sebagai salah satu solois yang sangat produktif. Tak hanya itu, sejak tahun 2012 saja Iksan tercatat telah menghasilkan 14 album.

Produktivitas yang cukup tinggi ini disebut Iksan sebagai buah dari waktu luang yang cukup banyak. Ia mengaku, nganggur menjadi alasannya bisa menghasilkan begitu banyak karya dalam 8 tahun terakhir.

"Nomor 1 harus nganggur. Tapi kemarin ada job, ya. Kalau aku sih, musisi mau ngapain? Masa musisi mau ngelamar jadi anggota partai atau dewan? Kurasa, musisi harus membuat album. Hanya itu yang bisa kulakukan. Selebihnya aku mau melakukan apa? Ketika aku sadar dengan posisi itu, yawes aku bikin aja. Dan ternyata wes 14 album itu gak kerasa. Aku tahunya cuma bikin, bikin, bikin," ujarnya.

 

 

2. Tak Ingin Terjebak

Lebih lanjut, Iksan juga mengungkapkan bahwa dirinya tak ingin terjebak dengan laris tidaknya album yang ia ciptakan. Ia mengaku tak terlalu memikirkan apakah lagu dan album yang dirilisnya meledak di pasaran atau tidak. Yang ingin dilakukannya hanya terus berkarya dan terus membuat lagu.

"Trus yang kedua aku gak mau terjebak jumlah album yang laris, gak mau terjebak 'booming gak sih? Hits gak sih?' Aku gak mau terjebak itu. Bikin aja," lanjutnya.

Album Orbit sendiri akan dirilis pada 21 Januari mendatang secara virtual. Informasi lebih lanjut mengenai konser virtual tersebut dapat disimak di akun Instagram pribadi Iksan.

Simak Berita Lainnya di Sini!

Sajikan Musik Melankolis, The Rentenir Rilis 'Love Kills, Queen'

Kejutkan Fans, Kyuhyun Super Junior Merilis Lagu Yoo Jae Ha 'Myself Reflected in My Heart' Versi Remake

Kolaborasi dengan Shin Ye Un, Yunho TVXQ Tampilkan Suasana Melankolis di Lagu 'La Rosa'

Sudah Lama Ditunggu, Full Album ke-10 Super Junior 'The Renaissance' Akan Dirilis pada Bulan Februari 2021

'Black Mamba' aespa Jadi Music Video Debut Grup K-Pop Tercepat yang Meraih 100 Juta Views di Youtube!

 

 

(kpl/sep)