Mark Ronson: Bikin Lagu 'Uptown Funk' Bikin Rambutku Rontok

Girindra Permana Cahya  |  Selasa, 09 Februari 2016 12:22
Mark Ronson: Bikin Lagu 'Uptown Funk' Bikin Rambutku Rontok
Mark Ronson © FameFlynet
Kapanlagi.com - Uptown Funk menjadi satu hits besar dalam dekade ini. Namun, keberhasilan itu harus dibayar mahal oleh usaha keras yang dilakukan oleh Mark Ronson dalam proses produksi lagu tersebut.

Seperti yang kita tahu klip dari laris ditonton via Youtube. Sebanyak 1,3 miliar kali Uptown Funk telah diputar oleh para penggunanya. Lagu ini pun sempat menjadi jawara di chart dunia dan terjual berjuta-juta kopi.

Produser musik berusia 40 tahun tersebut mengungkapkan cerita di balik pembuatan lagu hits ini pada majalah The Mail on Sunday's Event. Ia mengatakan bahwa kerap kali cemas dan mengalami banyak kerontokan rambut.

"Aku banyak mengalami kejadian dalam pembuatan lagu ini. Rambut rontok, cemas, muntah dan pingsan di sebuah restoran."

Mark Ronson dapatkan banyak gelar dari lagu Uptown Funk yang ia ciptakan © splashnews.comMark Ronson dapatkan banyak gelar dari lagu Uptown Funk yang ia ciptakan © splashnews.com

Hits yang dikatakan merupakan inspirasi kedua ini digarap di studio milik Bruno Mars bersama Philip Lawrence dan Jeff Bhasker. Namun, butuh waktu 6 bulan untuk menyelesaikan lagu ini. Dalam waktu sepanjang itu, Ronson menghasilkan 54 lagu Uptown Funk dalam versi yang berbeda-beda.

Salah satu momen yang diingatnya adalah ketika ia makan di restoran dan akhirnya pingsan. "Jeff menyarankan untuk aku segera pergi ke restoran. Ia pun sempat bertanya dengan keadaanku karena wajahku sangat pucat pada waktu itu."

"Aku pun pergi ke toilet dan muntah kemudian secara tak sadar aku jatuh dan dibawa pergi dari restoran tersebut. Beberapa minggu kemudian, ide untuk pengisian part gitar dalam lagu tersebut datang."

Membuat 'emas' dengan kualitas terbaik memang tak mudah. Kita harus melewati proses menggali, kemudian mengambil bijihnya, memurnikannya dan meleburnya. Sama dengan proses yang dilewati oleh Ronson dalam pembuatan Uptown Funk-nya.

Jangan Lewatkan!!

[VIDEO] Super Cute, Kucing Ini Joget 'Uptown Funk' Bruno Mars

Daftar Lengkap Pemenang 'MTV Video Music Awards 2015'

'Uptown Funk' Milik Mark Ronson & Bruno Mars Dinyatakan Plagiat?

Keren! Saat 'Uptown Funk' Dibawakan Oleh Deretan Movie Star Ini

'Uptown Funk' Dicover Mashed Up 280 Film, Seperti Apa Serunya?

Mark Ronson identik dengan kolborasinya bersama musisi lain. Ketika ia harus tampil sendiri, apakah penonton akan meninggalkannya dengan ngobrol sendiri sementara ia bermain di atas panggung?
8 FOTO