Majukan Musik Indonesia, Billboard Luncurkan Billboard Indonesia Top 100

Rabu, 25 September 2019 22:05  | 

Rian D Masiv



© KapanLagi.com/Bambang E Ros


Kapanlagi.com - Setelah memunculkan beberapa program musik, Billboard yang hadir di Indonesia sejak 30 November tahun lalu, kembali meluncurkan program terbaru, yakni Billboard Indonesia Top 100.

Dengan kehadiran program baru tersebut, Aldo Sianturi, selaku Chief Operating Officer Billboard Indonesia berharap membuat musik Indonesia makin berjaya dan sehat secara ekosistem.

"Musik Indonesia sangat beragam dan maju dengan banyak genre yang tiap hari rilis, kualitas musik yang dihasilkan musisi Indonesia juga luar biasa. Semoga kehadiran Billboard Indonesia Top 100 memberikan nilai ekonomi bagi industrinya," ujarnya di Jakarta, Rabu (25/9) saat meresmikan peluncuran Billboard Indonesia Top 100.

1. Daftar Lagu terkini

Billboard Indonesia Top 100 merupakan daftar lagu-lagu terkini paling populer tiap minggu dari artis dan musisi Indonesia di semua lintasan genre, diperingkat dengan menggabungkan banyak data sehingga mencetak total skor.

Untuk posisi lagu, ditentukan oleh beragam data, mulai dari platform streaming musik, posisi grafik mingguan, pemutaran radio mingguan, pemirsa platform streaming video, dan pemutaran mingguan di jaringan karaoke di Indonesia.

Lagu-lagu dari semua genre yang akan masuk dalam Billboard Indonesia Top 100 akan berisi komposisi lagu berupa lirik dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa asing.

2. Juga Bakal Hadir di TV

Sejak hadir di Indonesia, Billboard Indonesia yang mendapat lisensi dari Billboard di Amerika, sudah membuat banyak program, di antaranya MusicTalks, Koreative Video, Bintang Dangdut, serta Billboard Spotlight.

"Kami tengah menyusun langkah selanjutnya dari Billboard Indonesia Top 100 ini. Dalam waktu dekat program ini bisa hadir di salah satu TV terkemuka di Indonesia," papar Aldo Sianturi.

Sementara itu, Gumilang Ramadhan, ketua umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), menyambut gembira adanya Billboard Indonesia Top 100.

3. Jadi Acuan Musisi

"Bahagia sekali bisa kerja sama dengan Billboard Indonesia untuk meluncurkan tangga lagu yang kredibel dan valid ini. Selamat dan hidup musik Indonesia," ujarnya.

Rian D Masiv, perwakilan dari musisi, juga menyambut gembira adanya Billboard Top 100. "Senang banget adanya Billboard Indonesia Top 100 karena bisa menjadi acuan lagu kita disukai orang atau nggak. Ini juga bisa menjadi motivasi ketika lagu masuk dalam chart 100. Semoga hadirnya program ini bisa menjadi angin segar bagi kami musisi agar terus memberikan karya terbaik," kata Rian.

 

 

(kpl/dan/rna)