Lirik Lagu Dianggap Diskreditkan Autis, SouQy Picu Kontroversi

Ahmat Effendi  |  Selasa, 13 Januari 2015 16:08
Lirik Lagu Dianggap Diskreditkan Autis, SouQy Picu Kontroversi
Lirik SouQy ©youtube dhenspangeran channel

Kapanlagi.com - Satu band yang berasal dari Depok, SouQy memicu kontroversi dengan lirik lagu yang berjudul Autis. Band yang lagu-lagunya berirama pop Melayu ini menyindir orang-orang yang dianggap tidak mau memberikan respon.

Namun karena penggunaan kata-kata yang cenderung kasar seperti 'tak rungu' dan juga penggambaran penderita autis sebagai suatu yang negatif, lagu itu dianggap tidak peka. Kontroversi pun tercipta dari berbagai komentar yang diberikan user ketika mendengar lagu itu melalui YouTube.

Komentar atas lirik SouQy. ©youtube  dhenspangeran channelKomentar atas lirik SouQy. ©youtube dhenspangeran channel

Dalam Video yang diposting oleh akun dhenspangeran Channel itu, lagu Autis dari SouQy diakses sebanyak 4,625 kali. Klip yang dihadirkan pun sebenarnya bukan klip asli, melainkan editan dari lagu Day 1 yang dinyanyikan penyanyi Korea K.Will dan didubbing dengan menggunakan lagu Autis.

Salah satu potongan yang menjadi kontroversi adalah:

Dasar Kau Autis,
Dipanggil-Panggil Tak Rungu,
Dicolek-colek tak hiraukan,
Kau malah asyik sendirian.
Ku Banyak bicara sampai-sampai mulutku berbusa,
Namun kau tetap begitu,
Tetap saja asyik sendirian.
Dirimu sangat menyebalkan
Membosankan dari pagi, siang, hingga malam.

Dalam lirik itu tampak bagaimana penulisnya menganggap sosok autis sebagai orang yang tidak mau mendengar, membosankan dan menyebalkan. Hal ini tentu tidak pas untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki kelainan dalam perkembangan sistem saraf mereka itu. Bahkan kini satu petisi dibuat untuk meminta penarikan lagu Autis dari peredaran. Kalau menurut kalian?

(kpl/sjw)


Lihat Arsip Musik

- - -