Lagunya Dituding Jiplak Milik Orang, Hati Devano Danendra Sempat Hancur

Selasa, 25 September 2018 20:15  | 

Iis Dahlia



Devano Danendra / Credit: KapanLagi - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Putra Iis Dahlia, Devano Danendra saat ini mulai mengikuti jejak sang ibunda untuk terjun ke dunia hiburan Tanah Air. Selain menandai debut akting di film DEAR NATHAN: HELLO SALMA, Deva juga menggeluti dunia tarik suara. Bahkan single keduanya yang bertajuk Ini Aku ditunjuk untuk jadi soundtrack dari film yang dibintanginya tersebut.

Di saat karirnya baru akan mulai naik, sebuah kabar tak sedap langsung datang menyerang. Ya, lagu Ini Aku dituding hasil jiplakan dari karya penyanyi folk bernama Fiersa Besari. Sempat ramai jadi bahan perbincangan, rupanya saat ini urusan lagu ini sudah kelar.

"Alhamdulillah sih masalah udah kelar ya dan juga sudah terjelaskan bahwa ini lagu bukan jiplak. Karena kalau pasalnya itu dinyatakan plagiat itu delapan bar, tapi ternyata di lagu Ini Aku cuma tiga bar yang sama. Ternyata juga sudah klarifikasi juga penciptanya sendiri ketemu sama Mas Fiersa kemarin, menjelaskan bahwa memang benar terinspirasi dari lagunya Mas Fiersa. Tapi semua udah kelar udah baik-baik aja," jelas Deva ketika ditemui di Pisa Kafe Menteng, Minggu (23/9).

"Pasti lebih teliti (ke depannya) dan pasti Devano lebih mikir panjang," sambungnya singkat.

(kpl/aal/gtr)

1. Hati Devano Hancur

Deva tak bisa memungkiri jika dirinya sempat shock dan trauma karena masalah ini. Namun berkat dukungan dari sang ibunda dan juga orang-orang terdekat, Ia memilih untuk menyikapi masalah ini secara dewasa. Caranya, tak begitu menanggapi tudingan-tudingan miring orang lain.

"Hancur hati hahaha. Ya mungkin aku pada saat itu lagi seneng-senengnya mengeluarkan lagu single kedua, apalagi lagu itu soundtrack film, perasaan nggak enak itu tiba-tiba muncul. Enggak enak sama mama, nggak enak sama pihak filmnya, sama pihak label, sama Mas Fiersa. Saya mengerti banget perasaan Mas Fiersa kalau misal lagu ciptaan kita dijiplak sama orang, Devano ngerti. Tapi di sini Devano belajar bahwa harus bersikap dewasa. Menyikapinya dengan dewasa," sambung pria berusia 16 tahun ini.

2. Dukunga Iis Untuk Devano

Iis selalu mengingatkan agar putranya mulai terbiasa dengan kerasnya dunia keartisan. Iis berharap isu-isu miring yang dimunculkan oleh haters tak membuat putranya down dan patah arang untuk mengejar mimpinya.

"Saya bilang gini, dalam beberapa hari ini netizen kan udah naik levelnya, di atasnya Tuhan. Ya kan? Kalau dulu di bawah levelnya Tuhan. Memang sih banyak banget lagu yang mirip karena ada jutaan atau miliaran mungkin lagu di dunia. Not kan cuma do re mi fa sol la si do, cuma tujuh. Jadi memang akan balik-balik ke situ. Tapi memang ini miripnya tiga bar. Tapi udah dijelaskan dan para pencipta sendiri dua-duanya udah saling ketemu dan nggak bermasalah," sambung Iis yang ada di lokasi serupa.

"Haters yang bermasalah. Udah lah, kata gue nggak usah diladenin. Saya bilang sama Devano, 'Dek sosial media itu jangan terlalu diambil hati, karena dia itu jadi kayak males'. Akhirnya jadi tiba-tiba yang tadinya pengen jadi artis, dia jadi ada satu omongan kayak gini nih, 'Aku bingung sekarang aku mau jadi apa'. Nah, haters ya. Lu lihat ya, awas lu kalau sampai anak gue kenapa-kenapa, gue paranin lu semua!" seru Iis dengan nada mengancam.

3. Iis Juga Sempat Diserang Haters

Sebelum Deva, Iis juga memang sempat 'digempur' oleh netizen. Hal itu terjadi karena videonya ketika jadi juri audisi Dangdut Academy viral. Kala itu, Iis tak mengizinkan seorang peserta untuk menunjukkan kemampuan olah vokalnya karena alasan penampilan yang terlalu casual. Iis pun kini jadi lebih kuat dalam menghadapi haters.

"Sebelum-sebelumnya kan maknya digempur. Badai itu mah ya. Saya bilang sama dia, menjadi artis itu nggak semua orang memuja kita. Ada juga yang nggak sukanya, itu yang harus dihadapi, belajar menghadapi itu, ikhlas aja enggak usah diambil pusing apalagi diambil hati. Nanti impact-nya ke karir," pungkas Iis.

(kpl/aal/gtr)