Lagu Soundtrack Disney Ini Tak Lekang Oleh Waktu

Senin, 04 Agustus 2014 19:01


Foto: Disney.com

Kapanlagi.com - Walt Disney Company adalah perusahaan yang bergerak di bidang hiburan terbesar di dunia. Sejak perusahaan ini didirikan, tak terhitung berapa banyak jumlah film animasi yang sudah diproduksi oleh Disney. Banyak di antara film-film animasi Disney yang terkenal seperti contohnya ALADDIN, POCAHONTAS, THE LION KING, dan lain sebagainya.

Namun di balik kepopuleran dari film animasi tersebut, terdapat soundtrack di yang mendukung animasi itu sendiri. Soundtrack tersebut dipilih atau dibuat khusus sehingga terasa pas dan membuat alur cerita menjadi lebih terasa ketika sedang menontonnya. Kali ini kita akan membahas beberapa theme song film animasi Disney yang dapat dianggap sebagai terbaik. Simak apa saja lagunya di sini. (kpl/abr)

1. I Just Can't Wait To Be King

Lagu ini disertakan dalam film animasi terkenal tentang singa kecil bernama Simba, yakni THE LION KING. Film produksi hasil kerja sama Walt Disney dan Buena Vista Production ini ditayangkan perdana pada 24 Juni 1994.

I Just Can't Wait To Be King ini diciptakan untuk mendukung jalan cerita dari film ini dan berkaitan dengan tokoh utama yaitu Simba. Tembang ini merupakan salah satu dari dua lagu dalam keseluruhan film yang dianggap sangat mewakili jalan cerita. Track tersebut merupakan ciptaan dari musisi kawakan Elton John yang bekerjasama dengan Tim Rice.

Lagu ini semakin indah didengar karena adanya kontribusi dari Hans Zimmer sang spesialis music score dalam pembuatannya.  Lagu ini sendiri dibawakan oleh Jason Weaver, Rowan Atkinson, dan Laura Williams. Semenjak versi Spanyol dan Meksiko dari lagu ini dibuat, banyak musisi lain yang mulai melakukan cover tembang ini seperti Brian Wilson.

Video by: The Lion King Songs

2. Under The Sea

Membaca judul dari lagu tersebut sudah jelas bahwa film dengan lagu ini pasti tak jauh-jauh dari tema laut. Ya, track ini disertakan dalam animasi Disney THE LITTLE MERMAID. Mengisahkan petualangan duyung bernama Ariel yang merupakan anak dari raja bawah laut King Triton.

Lagu ini sendiri pernah mendapatkan penghargaan Oscar. Sebastian adalah karakter dari THE LITTLE MERMAID yang menyanyikannya. Lagu ini terdengar begitu menyenangkan karena digambarkan dengan musik yang sesuai dengan suasana bawah air. Lagu ini juga menunjukkan tentang keindahan dunia di bawah permukaan laut.

Penyanyi asli yang menyanyikannya adalah Samuel E. Wright. Pada tahun 1989 lagu ini memenangkan Academy Award untuk Best Original Song. Sedangkan di tahun 2007, Under The Sea ini dibawakan di Broadway dalam sebuah pementasan.

Video by: DisneyMusicVEVO

3. Reflection

Lagu ini disertakan dalam animasi Disney berjudul MULAN yang rilis pada 1998. Ditulis oleh Matthew Wilder dan David Zippel, dinyanyikan oleh Lea Salonga, aktris dan penyanyi asli Filipina yang mengisi suara dari tokoh Mulan. Lagu ini sempat dibawakan oleh penyanyi Christina Aguilera.

Bercerita tentang perasaan Mulan yang sedang berkecamuk oleh pilihan. Akhirnya Mulan bertekad diam-diam untuk menggantikan ayahnya. Penonton akan dibuat terkesima karena seolah-olah mereka juga merasakan apa yang sedang Mulan rasakan.

Semenjak dimasukkan dalam album Christina Aguilera, lagu ini meraih kepopuleran. Ia pun sering menyanyikannya di beberapa pertunjukan seperti pada CBS THIS MORNING. Penyanyi seperti Jordin Sparks dan Ariana Grande pun pernah menyanyikannya.

Video by: Christina Aguilera Brazil

4. A Whole New World

Lagu ini berasal dari film Disney ALADDIN yang rilis pada tahun 1992. Musiknya diciptakan oleh Alan Menken dan lirik ditulis oleh Tim Rice. Lagu ini merupakan balada dari kedua tokoh utama yakni Aladdin dan Jasmine. Menceritakan tentang dunia baru yang akan mereka temukan bersama dengan mengendarai karpet ajaib milik Aladdin.

Versi single dari lagu ini dinyanyikan oleh Peabo Bryson dan Regina Belle dan disertakan dalam ending credit dari film tersebut. Tembang ini pernah dibawakan dalam Academy Award ke-65 di mana lagu ini memenangkan penghargaan Academy untuk Best Original Song. Versi tersebut pernah memuncaki Billboard.

Beberapa artis internasional pernah membawakannya seperti Jessica Simpson dan Nick Lachey.  Bahkan karena saking populernya,  artis Korea BoA dan Tiffany SNSD pun pernah menyanyikan lagu ini. 

Video by: Disney Songs

5. Hakuna Matata

Sekali lagi, THE LION KING mempersembahkan lagu tema yang indah, kali ini adalah Hakuna Matata. Lagu ini berasal dari kata-kata yang diucapkan oleh tokoh Timon dan Pumbaa. Hakuna Matata sendiri adalah bahasa Swahili yang berarti 'tak perlu khawatir'.

Musik ini juga ditulis Elton John beserta Tim Rice dan dinyanyikan oleh Timon, Pumbaa, dan Simba. Tembang tersebut mempunyai makna tentang melanjutkan hidup dan belajar bangkit dari kesalahan masa lalu dan menghilangkan rasa khawatir yang muncul. Lagu dengan lirik catchy ini mudah dihafal dan unsur orkestra dalam komposisinya membuatnya selalu dikenang.

Hakuna Matata dinominasikan dalam kategori Lagu Terbaik pada penghargaan Oscar pada tahun 1995. American Film Institute menyatakan tembang tersebut sebagai lagu terbaik berperingkat ke-99 dalam sejarah perfilman.

Video by: The Lion King Songs

6. Beauty and The Beast

Film BEAUTY AND THE BEAST adalah animasi yang disertai oleh tembang ini. Tembang ini beraliran pop ballad, mendeskripsikan hubungan antar kedua tokoh utama, Belle dan Beast. Ditulis oleh Howard Ashman dan Alan Menken sebagai komposernya, akhirnya lagu ini menjadi theme song untuk film tersebut.

Lagu ini pernah dibawakan oleh Celine Dion dan Peabo Bryson. Beberapa award telah diraih oleh single ini, diantaranya adalah Golden Globe dan Academy Award. Dengan visualisasi yang cocok, lagu ini terasa begitu kuat dalam menunjukkan perasaan saat dinyanyikan oleh Belle dan Beast.

Lagu ini sendir banyak menerima tanggapan positif dari kritikus film. Beberapa penghargaan telah diterima lagu ini di antaranya Golden Globe Award untuk Best Original Song dan Academy Awards untuk Best Song Written for Visual Media. Lagu ini sendiri telah dibawakan sebanyak dua kali di Grammy Award.

Video by: Matt Charles

(kpl/abr)