Kulfest 2017 Tampilkan Kekayaan Seni dan Keindahan Alam Indonesia

Mahardi Eka Putra  |  Kamis, 16 November 2017 12:41
Kulfest 2017 Tampilkan Kekayaan Seni dan Keindahan Alam Indonesia
KapanLagi.com®/ Mathias Purwanto

Kapanlagi.com - Di tengah gencarnya budaya asing yang masuk ke Indonesia, sebuah festival budaya yang mengangkat budaya nusantara bertajuk Kulon Progo Festival (Kulfest) 2017 bakal digelar di Bendungan Kahyangan, Kulon Progon Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 24-26 November 2017. Mengangkat tema Festival Kampoeng Nusantara, Kulfest 2017 menggabungkan kesenian baik dari musik, tari, dan sebagainya dengan keindahan alam di kawasan Bendungan Kahyangan.

Di area seluas kurang lebih tiga hektar, kita akan menemukan rahasia indahnya kehidupan. Indahnya Bendungan Kahyangan, tempat bertemunya dua sungai di Bukit Menoreh, menyatu dengan kehidupan kampung, harmoni alam dan keindahan melodi musik, seni dan budaya dan kelezatan makanan tradisional Indonesia.

Festival Director Kulfest 2017, Eki Puradiredja, mengatakan bahwa Kulfest 2017 merupakan festival yang jauh berbeda dengan festival lainnga yang pernah digarap. Walaupun dengan persiapan dalam waktu singkat sekitar empat bulan, Eki percaya bahwa Kulfest 2017 bisa memberikan experience yang tidak dapat ditemui di festival lainnya.

Foto: Mathias PurwantoFoto: Mathias Purwanto

"Saya melihat visi misi dari kulfest sangat luar biasa, unik dan dalam sekali. Ini merupakan festival dengan konsep yang kuat. Jadi saya pikir walaupun dengan waktu yang singkat festival ini harus berjalan. Tantangan saya adalah bagaimana festival ini akan berlanjut terus tak berhenti di tahun ini saja," ungkap Eki saat ditemui di Bendungan Kahyangan, Kulon Progo, Yogyakarta, Rabu (15/11).

Bekerjasama dengan pemerintah daerah Kulon Progo, festival yang diselenggarakan oleh Damar Nusantara Tama (DNT) ini juga telah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
Didik Nini Thowok, seorang seniman tari Indonesia, yang menjadi penggagas acara ini pun punya visi dan misi besar untuk mengangkat budaya Indonesia.

“Sebuah keinginan besar untuk melestarikan budaya (NUSANTARA) agar dapat diapresiasi tidak saja di Indonesia tetapi juga Internasional. Festival ini juga turut melestarikan serta mengangkat keunikan kawasan dan lingkungan yang terletak di Bendungan Kahyangan, Desa Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta," jelas Didi.

Foto: Mathias PurwantoFoto: Mathias Purwanto

Selain pertunjukan budaya, Kulfest juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati penampilan dari musisi favorit Indonesia, seperti Sheila On 7, Andien, Endank Soekamti, Payung Teduh, Gugun Blues Shelter dan masih banyak lagi.

Kulfest merupakan festival yang layak untuk dikunjungi, tidak hanya dapat menyangsikan keindahan seni dan budaya, di festival ini para pengunjung dapat mengikuti workshop yang diberikan oleh maestro-maestro seni Indonesia, seperti pembuatan wayang kulit, topeng, dan gamelan, serta workshop dari artis-artis kontemporer seperti Cameo Project, Bluesville dan Chef Azan. Yang lebih menarik, Sarah Bilby dari Inggris, yang begitu aktif memperkenal wayang kancil di sekolah-sekolah di Inggris akan datang dan memberikan workshop mengenai wayang kancil ini.

Informasi detail mengenai Kulfest 2017 dapat dilihat di website resmi Kulfest di www.kulfest.com. Update informasi juga dapat diperoleh melalui social media, seperti Facebook : www.facebook.com/kulfestid, twitter dan Instagram: @kulfestid.

Yang Seru dari Kulfest 2017

Kulfest 2017 Hadirkan Musisi Populer Demi Para Millenial

Kulfest ID 2017. Menikmati Kekayaan Budaya Nusantara di Kulon Progo