Kronologi Detail Hengkangnya Reza Dari NOAH

Sabtu, 27 Desember 2014 10:22  | 

Reza NOAH



NOAH @foto: KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Setelah ditinggalkan Andika dan Indra, Peterpan yang sekarang berganti nama menjadi NOAH harus rela kembali ditinggalkan personelnya. Kali ini giliran Reza yang memilih hengkang dari band yang membesarkan namanya.

Tepat pada 1 Januari 2015, Reza resmi meninggalkan kesibukan padat bersama Ariel dan kawan-kawan. Konser pada tanggal 31 Desember nanti sekaligus menjadi panggung terakhir bagi pria kelahiran Poso ini.

Tentu saja kepergian Reza ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan penggemar. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi pada Reza? Simak kronologinya hasil liputan eksklusif kami mulai dari halaman berikut. (kpl/adb)

1. RezaNOAHMoment

Pertengahan Desember, hashtag RezaNOAHMoment mencuat di Twitter dipopulerkan oleh akun resmi NOAH dan labelnya, Musica. Isinya adalah ulasan tentang profil drummer homoris tersebut.

Tentu saja ini tidak biasa dilakukan oleh mereka dan sekaligus membuat para Sahabat NOAH curiga. Spekulasi pun merebak, sebagian di antaranya mulai menebak bahwa Reza memang bakal hengkang dalam waktu dekat.

"Kak Reza, kami berharap aa' tetap bertahan di NOAH, tanpa a' Eza nggak tahu ke depannya gimana," tulis akun bernama @D_andesi waktu itu.

2. Konfirmasi Musica

Di tengah-tengah kebingungan fans, Musica melalui KapanLagi.com® mengabarkan bahwa simpang siur tentang rumor Reza bakal mereka jawab pada tanggal 22 Desember lewat jumpa pers. Mereka berharap agar seluruh fans bersabar menunggu tanggal tersebut.

Sementara itu, fans di Twitter dan jejaring sosial lainnya makin gencar menanyakan arti hashtag tersebut. Asumsi tentang hengkangnya Reza pun makin menguat. Beberapa di antara mereka masih berusaha percaya Reza tidak akan pergi ke manapun.

3. Konfirmasi Reza

Sayangnya apa yang sudah ditata rapi harus bocor terlebih dahulu. Rencana NOAH dan Musica untuk mengumumkan secara resmi status NOAH sudah mengemuka di masyarakat pada tanggal 19 Desember.

Saat itu acara infotainment Trans 7, Selebrita Siang memuat wawancara dengan Reza. Dalam interview tersebut, Reza secara terang-terangan menyebutkan bahwa dia memang mengundurkan diri dari band terhitung sejak tanggal 31 Desember.

Keputusan ini ternyata sudah ditimbang-timbang oleh Reza sejak lama. Reza mengaku tidak bisa membagi konsentrasinya untuk dua kegiatan sekaligus. Langkah berani harus diambil, Reza hengkang dari NOAH.

4. Konferensi Pers

Walau kabar sudah tersebar, NOAH dan Musica tetap menggelar konferensi pers membahas status Reza. Seluruh personel NOAH hadir, sedangkan Musica diwakili oleh bos besar mereka sekaligus 'orangtua' NOAH, Ibu Acin.

Dalam konferensi pers yang digelar di Studio Musica ini, dijelaskan bahwa kabar Reza bakal hengkang memang benar. Seluruh personel NOAH, Ibu Acin dan Reza pun ambil bicara. Mereka menjelaskan cukup detail tentang proses kepergian NOAH.

Sahabat NOAH pun bergejolak. Sebagian masih tak percaya dan menyayangkan, beberapa bisa memakluminya. Hashtag #ThankYouReza yang diciptakan Musica dan NOAH pun langsung ramai di lini masa Twitter.

5. Alasan Reza

Dalam wawancara dengan Selebritia Siang, Reza menyebutkan bahwa salah satu alasannya hengkang adalah ingin menekuni Islam. Ini sekaligus mengingatkan publik pada langkah gitaris Sheila On 7, Sakti pada tahun 2006 silam. Sakti sendiri saat ini kembali ke industri musik, namun dengan karya kemasan religi.

Pada wawancara eksklusif dengan KapanLagi.com®, Reza enggan menyebutkan alasan detailnya. Ia berulangkali mengisyaratkan bahwa ia memiliki kegiatan lain yang harus lebih ia tekuni. Ia mengaku tidak bisa lagi membagi konsentrasinya dengan NOAH. Agar langkah NOAH tak terganggu. Reza pun memutuskan hengkang.

Alasan serupa juga diungkapkan Reza baik lewat konferensi pers tanggal 22 Desember maupun dalam video resmi yang dirilis NOAH terkait kepergiannya. Namun satu yang pasti, NOAH membantah dengan keras anggapan kualitas Reza sudah tak mampu mengikuti alur yang dimainkan Ariel dan kawan-kawan. Semua semata-mata karena alasan pribadi, bukan tentang skill.

6. Muncul El Rumi

Publik masih belum lelah membahas kepergian Reza, namun satu kabar mengejutkan lain tiba-tiba menyeruak. Putra Ahmad Dhani, El Rumi tiba-tiba diprediksi bakal menjadi pengganti NOAH.

El Rumi yang langsung dikonfirmasi oleh KapanLagi.com® mengaku sama sekali tidak dihubungi oleh manajemen NOAH. Namun ia mengaku tidak keberatan bila akhirnya benar-benar ditunjuk memperkuat band yang sedang menyiapkan album kedua ini.

Di satu sisi, ada benarnya bila El Rumi dijagokan bakal menjadi penggebuk drum NOAH. Selain memiliki skill mumpuni dan masih muda, aliran musik keduanya tidak terlalu jauh berbeda.

7. Tanggapan Musica Tentang El Rumi

Beberapa jam setelah kabar El Rumi gantikan Reza ramai dibicarakan, KapanLagi.com® segera menghubungi Musica untuk meminta konfirmasi. Lewat obrolan Whatsapp, mereka mengaku menyerahkan segala keputusan kepada NOAH.

Dalam percakapan itu, mereka juga menjelaskan bahwa NOAH sedang menggelar audisi untuk mencari pengganti. Pernyataan ini sekaligus mematahkan opini El Rumi bakal melaju mulus untuk menggantikan posisi Reza.

"Musica menyerahkan sepenuhnya pada NOAH untuk pemilihan additional player. Jadi kami tidak tahu nama-nama calon additional drummer yang sedang dipilih. Tapi sampai saat ini, NOAH masih dalam proses seleksi," ungkap Musica.

(kpl/adb)