Konser Amal Peduli Palu, Diramaikan Oleh Sederet Musisi Top Tanah Air

Kamis, 25 Oktober 2018 22:15  | 

Rina Gunawan



Konser Charity Peduli Palu / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Bencana gempa yang mengguncang Lombok, Palu dan Donggala dalam beberapa waktu terakhir ini memakan ribuan korban jiwa. Bahkan tak terhitung berapa banyak bangunan yang rata dengan tanah akibat serangan gempa yang juga diikuti oleh Tsunami tersebut.

Kejadian memilukan itu tentu menyentil hati nurani seluruh masyarakat Indonesia, seperti salah satunya Yayasan Sahabat Yatim (YSY). Demi meringankan beban para korban gempa, sebuah konser charity dilakukan oleh YSY dengan menghadirkan sederet nama artis sekaligus.

"Kami dari Sahabat Yatim Indonesia mendengar bencana alam yang terjadi. Maka kami yang bergerak di bidang sosial melihat ini merupakan sesuatu yang bagus dan kami bergerak untuk membantu mereka dengan apapun yang kami bisa," ujar Ikhsan Sayati yang bertindak sebagai Direktur Sahabat Yatim Indonesia sekaligus Ketua Penitia konser ini di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan.

1. Persiapan Waktu Yang Mepet

Persiapan dari konser charity ini bisa dibilang sangat singkat. Beruntung Ikhsan dibantu oleh Rina Gunawan yang bertindak sebagai event organizer pada event tersebut. Dan sebagai artis, tentunya Rina punya banyak sekali koneksi dengan publik figur lain dan mengajak mereka untuk join di acara kemanusiaan ini.

"Persiapannya singkat sekali, hanya dalam waktu kurang dari dua minggu kami mencoba mengkontak beberapa teman kami untuk konser amal ini. Untungnya ada bunda Rina Gunawan yang mengurus seluruh acara, ada juga bunda Lia Trihartomo dan juga para artis yang mendukung kami dengan kepedulian tanpa meminta biaya apapun untuk memberikan sesuatu bagi saudara kita yang terkena bencana," sambung Ikhsan.

2. Beberapa Artis Akan Terbang Langsung ke Lokasi Gempa

Rina mengaku sangat antusias dan senang karena bisa terlibat pada konser charity ini. Meski sudah banyak sekali bantuan yang masuk untuk para korban gempa, namun menurut Rina, semua orang masih harus terus memberikan sumbangan tanpa henti.

"Alhamdulillah banget semuanya dilancarkan, untuk teman-teman artispun pas saya kabari mereka sangat antusias. Karena walaupun korban bencana sudah banyak sumbangan dari manapun pastinya juga masih perlu biaya banyak buat mereka yang telah kehilangan tempat tinggal dan sebagainya," kata Rina kepada awak media.

"Masih banyak banget yang membutuhkan healing crisis di sana, rencananya para rekan artis juga akan berangkat ke sana untuk menghibur dan memberikan support bagi mereka," sambung istri Teddy Syah ini.

3. Sederet Artis Yang Hadir di Konser Charity

Acara konser amal ini dihadiri oleh sederet selebriti Tanah Air yang bergabung dalam GASS (Gabungan Artis dan Seniman Sunda), seperti pasangan suami istri Melly Goeslaw dan Anto Hoed dan Armand Maulana. Selain itu ada pula Dwiki Dharmawan, Ita Purnamasari, Teuku Rifnu Wikana, Putri Ayudya, David Chalik, Snada, Elvy dan Fitria Sukaesih, Hengki Tornando, Aming dan penyanyi dangdut Kristina.

Selain penampilan musik, konser ini juga diramaikan dengan pembacaan puisi oleh Zilzian, salah satu anak korban gempa. Usianya baru 5 tahun, namun Ia berhasil membuat tertegun orang-orang di sekitarnya saat membawakan beberapa judul puisi. Ia datang bersama dengan kedua orangtuanya yang selamat dari korban gempa di Palu.

4. Lelang Puisi Hingga Lagu

Tak cukup sampai situ saja bentuk kepedulian dari Yayasan Sahabat Yatim. Rencananya mereka akan membangun 100 rumah layak huni yang disebar ke daerah Palu, Sigi dan Donggala. Acara yang ditutup pukul 23.00 WIB ini juga sukses melelang beberapa buah lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut Elvy Sukaesih dan Melly Goeslaw.

Last but not least, ada juga lelang puisi yang ditulis oleh Prof. Muhadjir Effendy (Mendikbud). Hasil dari semua lelang tersebut akan dikirimkan pada para korban gempa, baik dalam bentuk donasi maupun bantuan logistik dan sejenisnya.

(kpl/gtr)