Klip 'Happy' Pharrell Williams Hasil Jiplakan Karya Orang Lain?

Guntur Merdekawan  |  Selasa, 22 April 2014 18:50
Klip 'Happy' Pharrell Williams Hasil Jiplakan Karya Orang Lain?
Pharrell Williams/Fameflynet©
Kapanlagi.com - Sejak 2013 lalu, lagu mega hits Pharrell Williams, Happy seakan menjadi sebuah sensasi tersendiri di seluruh dunia. Dengan lagu yang catchy dan klip yang ceria, tak ayal jika single tersebut langsung meledak di pasaran.

Sebelum Happy booming, Pharrell sempat merilis klipnya dalam beberapa versi, yang ia namakan sebagai Happy 24-Hour. Intinya, video itu dibagi dalam beberapa bentuk, yang menunjukkan jam di pagi, siang, dan malam hari. Semuanya dengan komposisi sama, orang-orang berdansa di sepanjang jalan, menunjukkan kebahagiaan mereka.

Nah, karena semakin menjalar dengan cepat bak sebuah virus, terutama di dunia maya, pada akhirnya sampailah klip itu ke dalam radar seorang dancer bernama Anne Marsen. Gadis berusia 24 tahun itu lalu mengeluarkan klaim bahwa klip Happy milik Pharrell sangat mirip dengan film garapannya, Girl Walk - All Day yang dirilis pada 2011 silam.

Bukan hanya dari segi format 24 jam saja, gerakan dance diseluruh kota Happy juga dituding menjiplak karyanya. Untuk memperkuat opininya, diapun mengunggah sebuah klip gabungan antara Happy dan Girl Walk - All Day yang memang sangat mirip.


"Ini merupakan kabar baik jika gerakan dance itu jadi banyak inspirasi orang banyak, karena memang itulah tujuan utama kita menciptakan film itu. Namun karena yang mendapat kredit adalah Pharrell, kita merasa tidak dihargai atas usaha kita," ungkap Marsen, seperti yang diwartakan situs Stereogum.

Bagaimana menurut kalian? Apa memang benar jika Pharrell menjiplak karya dari Anne Marsen?

Baca Juga:

[Video] Konser Pharrell Williams 'Diganggu' Artis-Artis Lain!

Lagu 'Happy' Pharrell Williams Tanpa Instrument, Aneh Atau....

'Happy' Jadi Anthem Kebahagiaan di Banyak Negara, ada Indonesia!

5 Lagu Mujarab Buat Kamu Yang Tengah Bad Mood

Imutnya Wajah Pharrell Williams Saat Masih Balita

[Video] Oprah Winfrey Bikin Pharrell Williams Nangis, Mengharukan