Kisah Seorang Staff Pemerintahan Bergabung dalam Band Rock Maharaja 48 dan Kenalkan Single 'Aku Ayahmu'

Kamis, 12 Mei 2022 22:06


Maharaja 48 rilis single 'Aku Ayahmu' / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Bagi para penggemar musik rock, lebih tepatnya pengunjung setia Hard Rock Cafe Jakarta, nama Amar Maruf pasti sudah tak asing lagi. Belum lama ini, Ia baru saja mengenalkan single terbarunya yang bertajuk Aku Ayahmu bersama band-nya, Maharaja 48.

Usut punya usut, Amar Maruf ternyata memiliki latar belakang yang unik dan tak banyak diketahui orang. Ia bukan sepenuhnya berasal dari dunia musik, melainkan seorang staff di kantor pemerintahan.

Seperti diketahui, Amar Maruf saat ini berposisi sebagai vokalis dalam band Maharaja 48. Selama masa pandemi lalu, dirinya tetap kreatif dan berhasil menciptakan banyak lagu dari berbagai inspirasi.

"Ada inspirasi selama pandemi. Bagaimana kita tetap berkarya dan menciptakan sesuatu yang berharga," ucap Amar Maruf yang diam-diam merupakan seorang staff ahli pemerintahan.

1. Dapat Inspirasi dari Sebuah Film

Saat perilisan lagu Aku Ayahmu, Amar Maruf menuturkan jika ia mendapat inspirasi dari sebuah film. Dirinya berharap lagu ini bisa memberikan pesan moral yang baik kepada pendengarnya.

"Setelah saya lihat, saya tonton. Saya menciptakan lagu Aku Ayahmu ini paling tidak mengandung pesan moral untuk baik yang sudah berpasangan atau bersuami. Berharap juga pesan di lagu ini karena yang saya lihat dari film ini seolah laki-laki kalau keluar rumah atau pulang pagi tanda kutip negatif. Buat saya tidak semuanya seperti itu," sambungnya.

2. Pesan Moral yang Powerful

Mengenai pesan moral yang ingin disampaikannya lewat lagu ini, Amar Maruf mengingatkan kepada para ayah di luar sana bahwa meski sedang berada di manapun untuk bekerja, hal yang utama tetaplah menjaga kedekatan dengan Tuhan dan keluarga di rumah.

"Makanya pesan moral yang ada di lagu Aku Ayahmu ini. Sesibuk apapun, sejauh apapun, di luar kota, di luar negeri, tetap kita dekat dengan keluarga, anak, istri, terlebih dekat dengan Tuhan. Kira-kira seperti itu," tutur Amar.

Amar Maruf juga menyampaikan jika ada tiga tema khusus yang diusung oleh band Maharaja 48 dalam setiap lagu yang diciptakan. Ketiga tema itu adalah nasionalisme, sosial dan religi. Ia menambahkan, dari setiap tema pasti ada salah satu lagu yang menjadi hits atau jagoan dari band ini.

3. Semua Produksi Dikerjakan Sendiri

Maharaja 48 sendiri mendaulat diri mereka sebagai band indie atau independen. Hal ini karena semua produksi musiknya dari hulu ke hilir dilakukan secara mandiri, tak ada campur tangan dari major label sama sekali.

"Produksi semua saya buat sendiri bersama teman-teman," pungkas Amar Maruf.

(kpl/gtr)