Kesal dengan Ulah T-Koes, Alasan Keluarga Larang Bawakan Lagu Koes Plus

Diterbitkan:

Kesal dengan Ulah T-Koes, Alasan Keluarga Larang Bawakan Lagu Koes Plus
Keluarga Koes Plus © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Keluarga besar Koes Plus menjelaskan latar belakang keputusan keluarga melarang grup musik T-Koes untuk membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Menurut Singgih Tomi Gumilang, kuasa hukum keluarga besar Koes Plus, persoalan terjadi bukan semata-mata masalah royalti, melainkan karena persoalan harkat dan martabat nama keluarga besar Koes Plus.

"Latar belakang terus terang bukan hanya semata-mata soal royalti tapi lebih pada harkat dan martabat serta marwah nama baik orangtua kami," kata Tomi di Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2023).

Salah satu faktor pelarangan itu kata Tomi, karena pihak keluarga Koes Plus tersinggung dengan adanya obrolan T-Koes dengan salah seorang purnawirawan.

"Salah satu faktor yang jadi pemicu adalah karena telah terjadi rasa ketersinggungan atas beredarnya sebuah video diduga purnawirawan anggota dengan T-koes," tuturnya.

1. Keluarga Tidak Nyaman

Sejatinya bukan saat itu saja yang membuat keluarga besar Koes Plus, lanjut Tomi, merasa tak nyaman dengan ulah T-Koes.

"Keluarga merasa tidak nyaman atas beberapa tindak tanduk T Koes band dimana dalam hal ini sangat menyinggung harkat dan martabat keluarga besar Koes Plus. Namun begitu kami tidak bisa mengungkapnya dengan dasar privasi keluarga Koes Plus," tuturnya.

"Kami awalnya berusaha tidak peduli, ini adalah akumulasi dan puncaknya di video itu," kata David menambahkan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Hanya Larang T-Koes

Atas persoalan tersebut, keluarga besar Koes Plus akhirnya melarang T-Koes untuk membawakan lagu Koes Plus. Namun begitu, keluarga tidak melarang bagi grup musik pelestari musik Koes Plus lainnya untuk membawakan lagu-lagu yang diciptakan orangtuanya.

"Kami tegaskan bahwa hanya T-koes band dengan formasi ADSM, FAA, GAB, dan JQAG yang dilarang membawakan karya Koes Plus, sedangkan band pelestari Koes Plus dipersilakan sejauh mengedepankan norma dan tertib administrasi secara hukum," ujarnya.

"Kami imbau semua pelestari Koes Plus, baik di Indonesia maupun dunia,  silakan kalian nikmati lagu karya ayah kami. Silakan mau dimodelin seperti apa juga silakan. Kalau kalian punya fanbase sendiri kami tak akan merecoki, tapi jangan bawa-bawa keluarga kami untuk dibandingkan bahwa kalian lebih hebat dari ayah kami, itu saja," kata Sari Koeswoyo menambahkan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/dan/phi)

Rekomendasi
Trending