Keren! Suara Soimah Menggelegar di Java Jazz Festival 2019

Minggu, 03 Maret 2019 16:11  | 

Soimah



Soimah © KLY/Adrian Putra

Kapanlagi.com - Sebuah kejutan tersaji di Jakarta International Java Jazz Festival 2019. Soimah, sosok yang kerap dikenal dengan sinden ataupun dangdut, kini berani keluar dari zona nyamannya dengan nge-Jazz bersama Dewa Budjana.

Bukan hanya berdua, mereka juga tampil bersama seorang bassist muda bernama Mohoni Dey. Ketiganya tampil spesial di panggung Kapal Api Signature Hall A1, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (1/3) malam.

 

1. Bawakan Joget Kahyangan

Lagu pertama yang menjadi pilihan untuk dibawakan adalah Joget Kahyangan. Soimah dan Mohoni Dey belum naik panggung saat itu. Dewa Budjana masih ditemani oleh beberapa musik pengiring. Mereka adalah Syah pada suling, Sadhu Rasidji pada bass, Yandi Anda Putra pada drum, dan Marthin Siahaan pada keyboard yang menemani penampilan solo Dewa Budjana.

Kepiawaiannya bermain gitar terbukti dengan permainan solonya di atas panggung. Meskipun tanpa vokal, nada gitar, suling, drum, dan keyboard berkombinasi menjadi satu lantunan yang terasa megah.

"Selamat malam Java Jazz yang paling dinanti dan paling ditunggu," sapanya membuka penampilannya pada Jumat malam (1/3) di Hall A1, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kemudian, Dewa Budjana memanggil Mohini Dey ke atas panggung. Keduanya langsung membawakan Mahandini dan Queen Kanya. Penonton pun dibuat kagum oleh prodigy asal India tersebut. Dewa dan Mohini menampilkan penampilan yang eksperimental nan berkelas. Lantunan nada-nada progresif namun tetap bernuansa etnik dapat dibawakannya dengan ciamik.

2. Soimah Bawakan Hyang Giri

Penampil yang ditunggu-tunggu akhirnya dipanggil oleh Dewa. "Selanjutnya saya akan panggil penyanyi yang sangat saya kagumi, Soimah!"

Masih dengan ciri khasnya, Soimah tampil ke atas panggung dengan gaya bodor-nya. Tawa penonton pun langsung pecah melihat Soimah menyapa penonton sebelum bernyanyi.

"Jam 12 lebih, kaya wayangan. Saya sanggulan dan make up-an nggak dipanggil-panggil. Bareng Dewa Budjana, Soimah nge-jazz!" ucap Soimah dengan semangat karena akhirnya bisa segera tampil.

Soimah langsung menggebrak dengan lantunan suaranya yang membawakan Hyang Giri. Suaranya yang cukup menggelegar membuat semua mata terpana dan tak kuasa memberikan tepuk tangannya.

3. Soimah Hibur Penonton

Bukan Soimah namanya kalau tidak berkelakar di sela-sela penampilannya. Penyanyi berusia 38 tahun tersebut pun menunjukkan salah satu keahliannya.

"Udah keren belum aku? Udah keren banget ya, udah nge-jazz banget ya?" kata Soimah berkelakar usai bernyanyi.

"Itu sebuah lagu judulnya 'Hyang Giri' , yang saya ciptakan tahun lalu, yang menciptakan liriknya beliau," sambung Dewa Budjana.

"Gangga" menjadi lagu kedua yang dibawakan Soimah bersama Dewa Budjana dan Mohini Dey. Suara Soimah yang menggelegar dan kombinasi musik Dewa dan Mohini memberikan pengalaman musik yang tidak terlupakan.

 

(kpl/apt/mit)