[KALEIDOSKOP 2023] Dari Putri Ariani Sampai Mahalini, Ini Deretan Para Musisi yang Jadi Music Newsmaker

Penulis: Dhimas Wahyu Nugroho

Diterbitkan:

[KALEIDOSKOP 2023] Dari Putri Ariani Sampai Mahalini, Ini Deretan Para Musisi yang Jadi Music Newsmaker
Kaleidoskop 2023 - Music Newsmaker ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Dunia musik Tanah Air di tahun 2023 mengalami banyak perkembangan. Sempat vakum ketika masa pandemi, 2023 seolah menjadi tahun kembalinya para musisi untuk menyalurkan bakat-bakat mereka dan keresahan mereka dalam sebuah lagu.

Dari musisi lama sampai yang baru, mereka pun berlomba menunjukkan performa terbaiknya di tahun 2023 ini. Dan Sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi kepada seniman di dunia musik, KapanLagi sudah memilih beberapa musisi yang namanya bersinar di tahun ini.

Dari pilihan KapanLagi ini, KLovers bisa memilih musisi yang kalian idolakan dengan melakukan vote dari mulai tanggal 15 Desember 2023 sampai dengan 30 Desember 2023.

Tergabung dalam kategori Music Newsmaker, ini dia deretan musisi Tanah Air yang namanya paling bersinar di tahun 2023. Siapa saja mereka? Simak di sini!

1. Putri Ariani

Nama Putri Ariani mungkin tak banyak dikenal publik Tanah Air. Namun, sosoknya menjadi besar ketika ia turut serta dalam audisi America's Got Talent 2023. Menyanyikan beberapa lagu, termasuk lagu ciptaannya sendiri, Putri berhasil membuat para juri terpukau.

Simon Cowell, salah satu juri Got Talent bahkan memberikan hadiah spektakuler kepada Putri, yakni Golden Buzzer yang membuat Putri Ariani bisa langsung melaju ke babak selanjutnya.

Selain ajang Got Talent, sosok Putri Ariani semakin dikenal publik saat ia menjadi penyanyi utama di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023, di Istana Negara, Jakarta.

Gak cuma suaranya yang indah, Putri juga dikenal pandai menciptakan lagu. Loneliness, lagu ciptaannya sendiri ini berhasil membuat para penonton di America's Got Talent menitikan air mata.

Lagu yang dirilis pada bulan Mei 2023 itu pun semakin viral. Di berbagai platform music digital, lagu Loneliness sudah didengarkan oleh jutaan pasangan telinga.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Nadin Amizah

Cantik, muda dan berbakat. Itulah yang terbesit di benak para pecinta musik ketika mendengar nama Nadin Amizah. Di usianya yang masih 23 tahun, Nadin berhasil menciptakan berbagai macam lagu yang bisa dibilang relate dengan kondisi anak muda di era saat ini.

Bertaut, Rayuan Perempuan Gila, Semua Aku Dirayakan adalah beberapa lagu hits ciptaan dari perempuan kelahiran 28 Mei 2000 ini. Yang paling menarik, lagu-lagu ciptaan Nadin semua berisi tentang curahan hatinya.

Di lagu-lagunya itu, Nadin juga menyisipkan tentang isu kesehatan mental yang sampai saat ini masih ia hadapi. Suara mendayu dengan iringan musik khas era 60 dan 70-an membuat lagu yang dinyanyikan Nadine bak nina bobo yang menenangkan bagi siapa pun yang mendengarkan.

Tak pelak, kalau di awal kariernya, Nadin mendapatkan predikat sebagai penyanyi pendatang baru terbaik dan menyabet penghargaan AMI Awards.

3. Yura Yunita dan Donne Maula

Lahir dari keluarga yang sangat mencintai dunia musik, tak salah kalau Yura Yunita begitu akrab dengan musik. Tak sekadar sebagai penyanyi, Yura yang juga seorang pencipta lagu turut bertumbuh dengan karya-karya yang ia ciptakan.

Dari Intuisi, Dunia Tipu-Tipu, Tutur Batin, Jalan Pulang, sampai Sudut Memori sukses membuat para pendengar menitikan air mata. Ya, alunan musik yang indah, suara Yura yang begitu lembut, dan juga liriknya yang begitu dalam membuat siapa pun yang mendengarnya akan merasakan berbagai macam emosi hingga tak terasa mereka akan berlinang air mata.

Gak salah banget kalau di tahun 2023 ini, Yura Yunita dinobatkan sebagai Artis Solo Wanita pop Terbaik oleh Anugerah Musik Indonesia (AMI).

Di tahun 2020, Yura dipersunting oleh Donne Maula yang juga seorang musisi. Yura dan Donne menjadi pasangan musisi yang begitu dicintai oleh banyak orang. Keduanya punya musikalitas yang mumpuni dan juga suara yang sangat indah. Ketika bernyanyi, suara mereka pun bersatu membentuk sebuah harmoni.

Kehidupan rumah tangga mereka yang begitu harmonis dan positif kerap kali membuat publik ikut merasakan kebahagiaan yang mereka rasakan.

4. Sheila On7

Jika memilih siapa band yang namanya paling bersinar di tahun 2023, Sheila On 7 tentu menjadi jawaban yang paling banyak dipilih. Ya, sejak berbagai konser dan festival digelar pasca pandemi, Sheila On 7 hampir tak pernah absen.

Selama berkarier di dunia musik, band yang sekarang digawangi oleh tiga orang, yakni Duta, Adam, dan Eross ini sudah menciptakan puluhan lagu hits. Bahkan, lagu-lagunya ini didengarkan oleh para pecinta musik dari lintas generasi.

Memulai kariernya sejak 1996, Sheila sudah mengarungi dunia musik selama 27 tahun. Selama hampir 3 dekade, lagu-lagu yang diciptakan Duta dan kawan-kawan, seperti Kita, Dan, Sephia, Film Favorit, sampai Lapang Dada tetap menjadi hits sampai sekarang.

Yang paling fenomenal, Sheila sempat menggantikan band 1975 di gelaran We The Fest karena kontroversi yang dibuat oleh sang vokalis, hingga berujung pada kecaman. Meskipun tampil sebagai pengganti, Sheila tampil profesional dan berhasil menghibur para penonton yang hadir malam itu.

5. Mahalini

Bakat menyanyi Mahalini sudah terlihat sejak ia masih kecil. Di tahun 2015, saat ia masih SMP, pemilik nama lengkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja ini sudah merintis sebagai seorang penyanyi nasional.

Kariernya di dunia tarik suara semakin cemerlang sejak ia mengikuti ajang Indonesian Idol musim ke-10 pada 2019 lalu. Meski tak keluar sebagai juara, Lini, sapaannya sukses menyedot perhatian banyak pecinta musik.

Penyanyi dengan karakter suara yang powerfull ini merilis beberapa single yang sangat sukses di pasaran. Bisa dibilang, dara muda asal Bali ini adalah ratunya lagu viral di media sosial. Hampir setiap lagunya selalu viral dipakai sebagai konten oleh banyak orang.

Kisah Sempurna, Melawan Restu, Sisa Rasa, sampai yang terakhir Sial selalu viral. Bahkan, di digital music platform, lagu-lagu Mahalini sudah didengarkan oleh puluhan juta orang. Gak salah kalau Lini menjadi salah satu Music Newsmaker di tahun 2023.

Nah, dari deretan musisi tersebut, siapa nih yang menurut KLovers pantas menyandang sebagai Music Newsmaker 2023 versi KapanLagi? KLovers bisa langsung vote pilihan kalian mulai dari tanggal 15 Desember 2023 sampai dengan 30 Desember 2023 di link di bawah ini.

<a rel="nofollow" target="_blank" class="newshub-ic2" data-id="5027" href="https://www.newshub.id/interactive2/?embed=1#/5027/cover">https://www.newshub.id/interactive2/5027</a>
<script src="https://www.newshub.id/interactive/embed.v5.js" async></script>

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/dwn)

Rekomendasi
Trending