Kafin Sulthan Rilis Single Baru Berjudul 'I Am', Liriknya Bercerita Tentang Penerimaan Diri

Diperbarui: Diterbitkan:

Kafin Sulthan Rilis Single Baru Berjudul 'I Am', Liriknya Bercerita Tentang Penerimaan Diri
Credit: Istimewa

Kapanlagi.com - Setelah vakum beberapa lama, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-19 pada 22 Juni 2023, Kafin Sulthan merilis single baru bertajuk I Am yang diproduseri dan diaransemen bersama Ari Renaldi. Bagi Kafin lagu  I Am ini dijadikan sebagai momentum  re-debut (debut ulang) untuk mengawali karya-karya selanjutnya. Dipilihnya judul I Am sebagai single redebut tentu bukan tanpa alasan.

"I Am sebagai sebuah judul diambil dari quote "cogito ergo sum" yang diujarkan oleh René Descartes, filsuf Prancis. Kalimat tersebut dikenal dalam bahasa Inggris sebagai "I think therefore I am" yang berarti "saya berpikir maka saya ada", kata Kafin Sulthan kepada awak media pada Selasa (11/07/23).

Sementara isi dari lirik lagu ini menurut Kafin bercerita tentang penerimaan diri secara apa adanya. "Liriknya bercerita tentang self-acceptance. Secara santai dan setengah bergurau. Saya mencoba mengetengahkan kelemahan-kelemahannya dan berdamai dengan segala kekurangannya," imbuhnya.

Pembuatan lagu ini terbilang cukup lama, yakni dimulai pada 2018. Kafin mengaku menulis secara spontan dan telah melewati banyak iterasi sampai akhirnya mulai direkam pada tahun 2021 dan dirilis bulan Juni 2023 ini.

 

1. Berbagai Kesibukan Lainnya

Sebelumnya Kafin sudah pernah merilis dua single solo. Artinya, I Am ini menjadi single ketiga sepanjang karir musiknya. Usai merilis single I Am ini Kafin berencana bikin lagi single yang baru.

"Saya sedang berdiskusi dengan Ari Renaldi perihal single-single berikutnya, yang menjadi langkah awal menuju perilisan album solo nanti," sambung Kafin.

Selain berkarir solo, Kafin Sulthan saat ini  juga merupakan personil sekaligus produser dari 'New Chaseiro' yang juga baru merilis single terbarunya.

Tak hanya sebagai pemusik, Kafin juga dikenal sebagai pemain film KELUARGA CEMARA, beserta sekuel dan series-nya. Saat ini Kafin tercatat sebagai mahasiswa arsitektur Universitas Indonesia yang tengah menyelesaikan tahun terakhirnya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Sampul Hasil Kreasi Sendiri

Berbicara soal sampul digitalnya yang berupa balok-balok mainan anak yang tersusun seperti kata “I Am”,  menurut Kafin adalah hasil dari jepretannya sendiri.

"Balok-balok yang tersusun seperti kata I Am ini hasil jepretan aku sendiri. Itu merupakan kilas balik kepada kebiasaan masa kecilku merangkai huruf-huruf dengan aneka hal di sekitar rumah," tutup Kafin Sulthan.

Saat ini, lagu I Am kini sudah tersedia di seluruh digital streaming platforms kesayangan KLovers. 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ums)

Rekomendasi
Trending