Java Jazz 2009 Sajikan 188 Penampilan

Darmadi Sasongko  |  Jumat, 30 Januari 2009 06:05

  • Java Jazz 2009 Sajikan 188 Penampilan
    Java Jazz 2009
Kapanlagi.com - Perhelatan festival musik jazz internasional, Java Jazz 2009 yang digelar pada 6-8 Maret mendatang di Balai Sidang Jakarta, akan menghadirkan puluhan musisi serta penyanyi yang terhimpun dalam 188 pertunjukan.

"Selama tiga hari akan ada 19 panggung, jumlah yang sama dengan tahun lalu. Kemudian pada hari pertama akan ada 59 show, hari Sabtu atau hari kedua sebanyak 65 show, dan hari Minggu ada 64 show," ujar Koordinator Program Java Jazz Festival, Eki Puradireja dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (29/1) sore.

Ia mengatakan Java Jazz 2009 akan dimeriahkan dengan penampilan sejumlah musisi dan penyanyi di antaranya Jason Mraz, Brian McKnight, Swing Out Sister, Laura Fygi, Dianne Reeves, Peabo Bryson, Matt Bianco, Ivan Lins, Dave Valentin, Parov Stelar (duta musik utusan Austria), Everette Harp, Ledisi, Simon Phillips, Kamal Musallam (Dubai), Michael Paulo, Jeff Lorber, Roy Ayers, dan Stefano Bollani (didukung oleh Kedutaan Italia).

"Sementara itu dari dalam negeri akan tampil memeriahkan acara antara lain Dwiki Dharmawan Global Harmony Orchestra, Idang Rasjidi, Jamie Aditya, Phinisi, Glenn Fredly, Oele Pattiselanno, Yance Manusama, Tohpati Orchestra Ensemble, Afgan, Humania, RAN, Maliq n D`Essentials, dan Cindy Bernadette," katanya.

Dalam Java Jazz kali ini, penyelenggara juga menyiapkan beberapa proyek spesial seperti Tribute to Luther Vandross, Tribute to Chrisye by Glenn Fredly, dan Amboina Project yang dikhususkan untuk memberi penghormatan kepada musisi asal Ambon yang senantiasa berkomitmen untuk berkarya.

"Dalam Amboina Project, kami akan menghadirkan para musisi dan penyanyi asal Ambon atau Maluku. Seluruh komponen akan tampil di sini, kami akan membawakan lagu-lagu Ambon yang dikemas dengan musik jazz," ujar Enteng Tanamal.

Selain itu, menurut Eki, Java Jazz 2009 juga akan mengetengahkan penampilan grup band Slank yang rencananya akan berkolaborasi dengan salah satu big band. "Kami sedang menyelesaikan rencana seperti apa nanti bentuk kolaborasinya, tapi kita informasikan dulu bahwa Slank memang akan tampil," ujar Eki.    (kpl/dar)

Lihat Arsip Musik

- - -