Intip Kesiapan Balkondes Tuksongo untuk Gelar Balkon Jazz 2019

Kamis, 12 September 2019 17:22  | 

Yura Yunita



Kapanlagi/Matias Purwanto

Kapanlagi.com - Gelaran Balkon Jazz 2019 bakal segera digelar di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 14 September 2019. Segala persiapan telah dilakukan oleh pihak penyelenggara dan CBT Nusantara yang menaungi Balkondes Tuksongo.

Direktur PT Manajemen CBT Nusantara (MCN), Jatmika Budi Santoso mengaku bahwa telah siap 100 persen untuk menggelar Balkon Jazz 2019 yang merupakan bagian dari hari jadi kedua Balkondes itu sendiri. Balkondes adalah salah satu program prestisius dari Kementrian BUMN yang dibangun dengan tujuan menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata.

"Kalau kesiapan sudah hampir 100 persen tentunya. Tinggal menunggu hari H saja," Jatmika Budi Santoso ungkapnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ada 20 desa, seperti Tuksongo, yang dibina oleh Kementerian BUMN RI di sekitar Candi Borobudur dan Perbukitan Menoreh. Tak hanya bisa menikmati alunan musik dari pengisi acara, nantinya penonton juga disuguhkan pemandangan yang menawan. Perkebunan tembakau pun terhampar luas di pinggir jalanan aspal.

 

1. Line-up Keren

Karena hanya berjarak sekitar 1,4 km dari Candi Borobudur, Stupa tertinggi akan terlihat jelas dari Balkondes Tuksongo. Ditambah kicauan burung dan udara dingin, penonton dipastikan bakal terbawa keindahan desa Tuksongo.

Yura Yunita, Rio Febrian, Payung Teduh, Dialog Dini Hari, Langit Sore, Tashoora, Nosstress dan Frau bakal juga dipastikan siap untuk menghibur. Kehadiran penyanyi dan musisi ini diharapkan bisa menjadi magnet untuk mencapai tujuan Balkondes itu sendiri.

"Para artis penyanyi tersebut hanya menjadi influencer bahwa di kawasan Borobudur ada Balkondes," kata Bakkar Wibowo, inisiator sekaligus Direktur Balkonjazz Festival 2019.

 

2. Acara Gratis

Sejalan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dalam gelaran Balkon Jazz juga akan hadir ratusan jajanan pasar. Nantinya, masyarakat setempat akan berjualan segala jenis makanan khas dan minuman selama Balkon Jazz.

"Yang mendaftar sudah 100 lebih. Tapi ya kami akan biarkan lah ya. Bisa jadi nanti ada 300 jajanan pasar di sekitar sini," ucap Jatmika Budi Santoso.

Meskipun pagelaran Balkon Jazz Festival gratis, panitia juga menyiapkan beberapa paket menginap bagi penonton. VIP Package dibagi menjadi Silver dengan harga Rp 550.000, Gold Rp 850.000, Platinum Rp 1.300.000, Diamond Rp 1.500.000 maupun Group Rp 2.400.000.

(kpl/pur/frs)