IDP Fest 2016 Perhelatan Akbar Drummers Dan Penggiat Perkusi

Ahmat Effendi  |  Minggu, 27 Maret 2016 11:45
IDP Fest 2016 Perhelatan Akbar Drummers Dan Penggiat Perkusi
Konferensi Pers IDP Fest 2016 ©KapanLagi.com/Hendra Gunawan
Kapanlagi.com - Berawal dari sebuah komunitas pecinta alat musik drum, Indonesian Drummers (ID) dibentuk. Namun seiring berjalannya waktu, komunitas yang di dalamnya banyak drummer handal Indonesia seperti Ekki Soekarno, Gilang Ramadhan, Jelly Tobing dan masih banyak lainnya ini berkembang menjadi sebuah organisasi musik.

Organisasi ini akhirnya memiliki cabang di beberapa daerah di Indonesia, seperti ID Aceh, ID Minang, ID Bengkulu, ID Bandung, ID Tasikmalaya, ID Tegal, ID Purwokerto, ID Yogyakarta, ID Banjarmasin, ID Sampit, ID Balikpapan, ID Samarinda, ID Makasar, ID Kendari dan ID Bau Bau. Hal itu membuktikan perkembangan musisi perkusi sangatlah baik.

Banyaknya minat terhadap alat musik tabuh ini, Indonesian Drummers pun berniat menggelar sebuah hajatan akbar yang sudah diidam-idamkan banyak drummer selama ini. Yaitu Festival Indonesia Drum & Perkusi Festival (IDP) 2016 yang berlangsung 30 Maret – 2 April 2016 di Bentara Budaya Jakarta.

IDP Fest 2016 siap digelar selama 4 hari berturut-turut. ©KapanLagi.com/Hendra GunawanIDP Fest 2016 siap digelar selama 4 hari berturut-turut. ©KapanLagi.com/Hendra Gunawan

"Event yang pertama kali diadakan di Indonesia ini sebenarnya sudah lama diidamkan Indonesian Drummers (ID), diprakarsai komunitas pemain drum seluruh Indonesia," ujar Ekki Soekarno saat menggelar jumpa pers dikawasan Sungai Sambas, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Beberapa agenda acara sudah dipersiapkan oleh panitia yang diketuai oleh Ekki Soekarno. Seperti kolaborasi-kolaborasi yang jarang-jarang terjadi.

"IDP Fest 2016 ini akan menghadirkan kolaborasi Indonesia drummer dan perkusionis wanita lintas generasi, kolaborasi Indonesia drummer dan perkusionis cilik, kolaborasi fashion art dab perkusi Indonesia, pentas kolaborasi musik drummer dan perkusionis Indonesia. Jadi nanti tidak hanya pameran drum saja, tapi ada juga alat musik yang lain, pendukungnya," papar Ekki.

Selain memberikan ilmu lewat klinik drum bagi talenta-talenta muda yang ada, IDP Fest 2016 juga mengagas untuk membuat sebuah museum untuk alat musik perkusi asli Indonesia yang tersebar di Indonesia.

"Musisi kita harus tahu budaya, malu sama orang asing. Orang asing saja mau care, kok kenapa kita tidak. Nah di Indonesia belum ada museumnya dan ID berharap kekayaan perkusi yang lahir dari keindahan budaya suku-suku yang ada di Indonesia harus diperkenalkan kepada generasi muda supaya ada regenerasi," pungkasnya.

Dalam event yang digelar selama emat hari ini didukung penuh drummer-drummer handal yang dimiliki Indonesia. Selain itu ada juga beberapa bintang lain. Di antara list artis yang hadir di antaranya Jelly Tobing, Keenan Nasution, Gilang Ramadhan, Ekki Soekarno, Hendy GIGI, Rudi Subekti, Benny Mustafa, Herry Uban, Echa Sumantri, Marcell Siahaan, JP Millenix, Agung Gimbal, Daood Debu, Konde Samsons, Putri Indonesia, Chully, Ikatan Drummer Indonesia, Kromog DKI Jakarta, IDP Legend, IDP All Stars, dan masih banyak lainnya.

Simak Juga:

Bukan ke Luar Negri, Shahnaz Haque Harus Rayakan Tahun Baru di RS

Gilang Ramadhan Konsisten Dalam Berpakaian

Setelah 24 Tahun, Krakatau Band Reuni di Clear JJF 2014

Workshop Seni & Film Keliling Indonesia Gugah Semangat Kebangsaan

(kpl/hen/sjw)

Komunitas Indonesian Drummers (ID) kini baru saja merayakan hari jadi yang ke-3.
11 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -